22 Mei 2020
  |  
Dilihat : 4180 kali

Skrining Mandiri Covid-19, Deteksi Virus Corona Kini Bisa Dilakukan Lewat Handphone

Narasumber : Findriani (26)

Wakatobi, Jamkesnews – Sebagai upaya deteksi dini risiko Covid-19, BPJS Kesehatan menambahkan salah satu fitur pada aplikasi Mobile JKN yaitu Skrining Mandiri Covid-19. Findriani (26) merupakan salah satu Peserta Program JKN-KIS asal Desa Popalia, Kecamatan Togo Binongko, Kabupaten Wakatobi yang telah menggunakan fitur Skrining Mandiri Covid-19. Ia mengatakan bahwa fitur ini bisa menjadi media untuk melakukan deteksi dini risiko seseorang terpapar Covid-19.

“Fitur ini saya rasa akan cukup efektif untuk mengetahui risiko Covid-19 seseorang. Pengujian pada aplikasi ini mempertimbangkan gejala klinis, riwayat perjalanan, serta riwayat kontak dengan pasien terkonfirmasi positif ataupun dengan orang yang sakit pada saluran pernapasan," ujar perempuan yang akrab disapa Findri ini, Selasa (26/05).

Menurut Findri, saat ini ada beberapa orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 dengan gejala khusus, namun ada pula yang tanpa gejala, sehingga menjadi sangat penting untuk mengetahui riwayat perjalanan dan riwayat kontak seseorang.

“Satu hal lagi yang cukup menarik pada fitur Skirining Mandiri Covid-19 di aplikasi Mobile JKN ini adalah dijadikannya beberapa penyakit seperti jantung, hipertensi, diabetes mellitus, dan beberapa penyakit lainnya. Hal ini lebih meningkatkan kewaspadaan bagi seseorang yang memiliki riwayat tersebut. Oleh karenanya, saya sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan yang sangat inovatif menciptakan fitur selengkap ini dalam satu aplikasi Mobile JKN," katanya.

Setelah semua pertanyaan dijawab oleh peserta yang melakukan screening, pada bagian akhir akan muncul hasil screening yang menunjukkan tingkat risiko peserta, apakah risiko ringan, sedang atau tinggi. Selain itu muncul pula saran yang harus dilakukan oleh peserta.

Mengakhiri pembicaraan Findri mengajak masyarakat agar segera mengunduh aplikasi Mobile JKN yang menawarkan banyak kemudahan lain bagi penggunanya, seperti untuk mengecek tagihan, cara pembayaran, konsultasi dokter secara online, serta masih banyak fitur lainnya.