22 Mei 2020
  |  
Dilihat : 274 kali

Deteksi Covid-19 dengan Skrining Mandiri Covid-19 di Mobile JKN

Narasumber :

Waingapu,  Jamkesnews - BPJS Kesehatan kembali mengembangkan fitur baru pada aplikasi Mobile JKN yakni fitur Skrining Mandiri Covid-19. Dengan menu ini, peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Inonesia Sehat (JKN-KIS) dapat melakukan Skrining Mandiri Covid-19 di mana saja dan kapan saja.

Fitur Skrining Mandiri Covid-19 adalah salah satu cara untuk membantu mempercepat tindakan apakah kita sehat atau memiliki gejala yang memerlukan pemeriksaan dan pengujian lebih lanjut mengenai Covid-19.

BPJS Kesehatan Cabang Waingapu selalu mengedukasi peserta JKN-KIS agar dapat memanfaatkan fitur tersebut guna mengidentifikasi potensi penularan Covid-19. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Tri Mayudin pada Rabu (20/05) kepada Tim Jamkesnews menyampaikan “Kami selalu mengimbau Peserta JKN-KIS untuk melakukan Skrining Mandiri Covid-19 melalui aplikasi Mobile JKN. Hal ini merupakan salah satu upaya mengurangi kekhawatiran Peserta JKN-KIS yang terpapar Covid-19 dengan melakukan identifikasi secara mandiri,” jelasnya.

Dalam fitur Skrining Mandiri Covid-19 ini, peserta JKN-KIS akan menjawab beberapa pertanyaan. Pertanyaan akan diberikan seputar kondisi kesehatan peserta, riwayat perjalanan dan kontak peserta dengan pasien terindikasi Covid – 19. Skrining ini juga akan terkoneksi dengan lokasi peserta (terdapat fitur GPS) dan disinergikan dengan data dan informasi status zona di wilayah masing-masing.

Aplikasi Mobile JKN ini dapat diunduh melalui Play Store dan App Store. Selain menu skrining, aplikasi milik BPJS Kesehatan ini juga menyediakan menu lain untuk mengecek status kepesertaan, data tagihan, lokasi fasilitas kesehatan, dan catatan pembayaran, ketersedian tempat tidur di rumah sakit, jadwal tindakan operasi dan KIS Digital.

“Guna mencegah peyebaran Covid-19, saat ini aplikasi Mobile JKN juga terdapat fitur Konsultasi Dokter jadi bagi peserta JKN-KIS yang ingin berkonsultasi dengan dokter pada FKTP terdaftarnya tanpa perlu melakukan kunjungan langsung ke FKTP,” tambah Tri.

Di masa pandemi Covid-19 Manfaat Skrining Mandiri Covid-19 ini dirasakan oleh Jenyati Ndula Ratu (24) merupakan salah satu peserta JKN-KIS segmen Peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) asal Kota Waingapu, ia mengaku sudah melakukan skrining mandiri Covid-19 pada aplikasi Mobile JKN.

“Saya merasa lega telah melakukan skrining mandiri covid-19, skrining ini dapat memantau kondisi kesehatan saya dan keluarga serta dapat meidentifikasi perkembangan potensi penularan Covid-19 di daerah tempat tinggal saya saat ini,” jelas Jeny.

Ia pun mengajak seluruh peserta JKN-KIS untuk melakukan Skrining Mandiri “Yuk Skrining Mandiri Covid-19 melalui Mobile JKN! Banyak sekali manfaat dari aplikasi Mobile JKN ini, bagi kita peserta JKN-KIS ini berguna untuk perlindungan awal diri sendiri, keluarga dan sesama,” ujar Jeny menutup pembicaraan. (DM/dh)