18 Mei 2020
  |  
Dilihat : 11788 kali

JKN-KIS DI TANGAN, SEMUA JADI AMAN

Narasumber : Masanah

Jamkesnews, Bima – Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) selalu hadir untuk mendampingi masyarakat dalam menjamin pelayanan kesehatan. Mulai dari promotif, preventif, kuratif hingga rehabilitatif. Masanah adalah salah satu peserta bagian dari Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan yang sudah lama terdaftar dan nyaman menggunakan kartu JKN-KIS.

Ia merasakan manfaat pelayanan kesehatan ketika dirinya bersalin di Puskesmas Sape. Masanah dan keluarga tidak merasa terbebani dengan memikirkan biaya yang harus dikeluarkan, karena semua biaya sepenuhnya ditanggung oleh BPJS kesehatan.

Masanah sudah terdaftar sebagai Peserta Penerima Bantuan Iuran dari Pemerintah Pusat (PBI APBN) sejak 2013 dan didata langsung oleh pemerintah pusat.

Ia menceritakan pengalamannya menggunakan kartu JKN-KIS kepada tim Jamkesnews pada senin (18/05). “Saya bersyukur sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS karena ketika kita butuh, pelayanan kesehatan seperti sakit atau bahkan melahirkan ada yang menanggung,” tuturnya.

Ia juga menambahkan terkait fasilitas yang diinginkan saat menerima pelayanan. “Tentu kita sebagai peserta menginginkan juga fasilitas yang bagus, pelayanan yang baik karena sebagai pasien juga butuh kenyamanan saat dirawat, dan ini yang saya rasakan ketika menggunakan kartu,” ujarnya sambil tersenyum

Masanah juga mengajak masyarakat untuk mendaftarkan dirinya sebagai peserta JKN-KIS dan rutin membayar iuran karena tidak ada ruginya, bahkan keuntungannya lebih banyak. “Karena sudah mendapatkan pelayanan yang baik, tempat bagus, lebih-lebih tidak mengeluarkan biaya. Maka dari itu bagi masyarakat yang belum menjadi peserta JKN-KIS, segera mendaftarkan diri beserta keluarga,” ajaknya penuh semangat.

Ia juga menambahkan bahwa yang disampaikan ini adalah bukan hal yang dilebih-lebihkan, namun berdasarkan pengalaman pribadinya. “Saya berani mengatakan hal ini karena saya sudah sering memakai kartu JKN-KIS ini. Bagi saya, program JKN-KIS ini sangat membantu kita semua,” tambahnya.

Masanah juga berpesan kepada masyarakat agar tetap berkomitmen menjadi peserta JKN-KIS. “Tidak usah ragu menjadi bagian dari program JKN-KIS. Sayangilah diri kita, jaga kesehatan dan segeralah daftar menjadi peserta JKN-KIS, karena jika kita tidak menggunakannya, iuran yang telah dibayarkan dapat membantu peserta lain yang sedang sakit dan manfaat pelayanan kesehatan,” tutupnya. (dh/ic)