18 Mei 2020
  |  
Dilihat : 67 kali

Arta Si Anak Muda Sehat Yang Sadar Akan Pentingnya JKN-KIS

Narasumber : I Made Arta Cahyadi (23)

Denpasar, Jamkesnews – Sudah merupakan kewajiban setiap warga negara untuk mematuhi setiap peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Program yang dikeluarkan pemerintah untuk menjamin kesehatan setiap warga negaranya adalah program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Program JKN-KIS yang mencakup seluruh penduduk Indonesia merupakan program gotong royong melalui iuran yang dibayarkan dari peserta yang sehat kepada peserta yang sakit. Bagi peserta yang kurang mampu, pemerintah juga akan menanggung iurannya dan mendaftarkan peserta tersebut sebagai peserta JKN-KIS segmen Penerima Bantuan Iuran yang ditanggung Pemerintah Pusat (PBI APBN) atau Penerima Bantuan Iuran yang ditanggung Pemerintah Daerah (PBI APBD).

Salah satu anak muda yang sehat dan mengaku tidak pernah menggunakan JKN-KIS adalah I Made Arta Cahyadi. Pria yang akrab disapa Arta ini sehari-hari bekerja sebagai tenaga keamanan dan telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS segmen Pekerja Penerima Upah (PPU) kelas 2.

“Bersyukur sekali saya selalu diberikan kesehatan sehingga manfaat dari program JKN-KIS akan dapat dirasakan oleh peserta lain yang membutuhkan, saya juga ikhlas jika gaji saya harus dipotong untuk membayar iuran JKN-KIS oleh perusahaan setiap bulannya,” ungkap Arta.

Pria berkulit sawo matang ini kerap mendengar langsung peserta yang sudah merasakan manfaat dari program JKN-KIS. Bukan hanya penyakit ringan saja, bahkan hingga penyakit yang memerlukan biaya besar seperti jantung, gagal ginjal dan kenkerpun dapat ditanggung oleh program ini asalkan sesuai dengan prosedur dan peraturan yang berlaku.

“Mendengar banyaknya peserta yang telah terbantu dengan adanya program JKN-KIS, saya merasa bangga telah turut berkontribusi dengan iuran yang saya bayarkan, potongannya kecil hanya 1 persen dari gaji tapi manfaatnya sangat luar biasa,” jelas pria 23 tahun ini.

Sebagai generasi milenial tidaklah sulit bagi Arta untuk mendapatkan informasi terkini seputar program JKN-KIS. Oleh karena itu ia telah mengunduh aplikasi mobile JKN pada ponselnya.

Melalui aplikasi mobile JKN ini, Arta dapat merubah data secara mandiri, mengecek informasi terbaru serta melakukan skrining kesehatan dengan mudah, tanpa biaya dan hasil kesehatannya langsung keluar. (RG/ek)