18 Mei 2020
  |  
Dilihat : 48 kali

GARDA TERDEPAN BPJS KESEHATAN DIPERSENJATAI APD SEDERHANA

Narasumber : Lenny Marliana

Curup, Jamkesnews – Di tengah pandemi virus Covid-19 yang semakin hari semakin  mengkhawatirkan, BPJS Kesehatan tetap senantiasa patuh melaksanakan setiap arahan pemerintah yang tetap berjuang mengurangi penyebaran virus ini di Indonesia.

“Penyebaran virus Covid-19 ini semakin hari semakin mengkhawatirkan. Semakin meluasnya rantai penyebarannya memaksa kita harus saling bahu-membahu membantu pemerintah melawan pandemi ini. Semakin banyak upaya pencegahan yang kita lakukan akan semakin baik,” ujar Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Curup Wely Trisna Aprinanda (18/5).

Beberapa tindakan yang bisa dilakukan untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 diantaranya physical distancing, mencuci tangan secara berkala, menghindari menyentuh wajah, meningkatkan imunitas tubuh dan anjuran memakai masker jika hendak keluar rumah. Wely juga menghimbau agar setiap orang bisa saling menjaga dirinya sendiri, keluarga serta orang-orang di sekitarnya.

“Garda terdepan kita di kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup sendiri sudah kita perlengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) berupa face shield dan juga sarung tangan latex. Walau dengan perlengkapan seadanya kita berharap ini optimal untuk mencegah penyebarannya di lingkungan kita,” ujarnya.

Untuk pelayanan di kantor BPJS Kesehatan sendiri, sudah diterapkan pembatasan pelayanan.

“Untuk sementara waktu kita adakan pembatasan layanan di kantor. Tentu saja tujuannya adalah untuk pencegahan penyebaran virus Covid-19 tadi. Peserta yang masuk dalam kategori bisa dilayani di kantor adalah mereka yang membutuhkan pelayanan administrasi segera. Baik itu yang sudah atau sedang dan yang akan melakukan perawatan di fasilitas kesehatan. Karena memang tidak semua pelayanan administrasi kita bisa dilaksanakan melalui aplikasi Mobile JKN. Tetapi untuk semua pelayanan yang bisa diakses melalui aplikasi Mobile JKN, kita arahkan untuk mengaksesnya melalui aplikasi saja. Mereka bisa melakukannya di rumah saja tidak harus ke kantor. Begitu juga dengan Care Center 1500 400 yang bisa diakses 24 jam. Tapi tetap dengan syarat yang bersangkutan harus memakai masker ya," ujarnya sambil tersenyum.

Lenny Marliana merupakan salah seorang peserta JKN-KIS dari sektor Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) yang datang menyambangi kantor BPJS Kesehatan Cabang Curup.

“Ada sedikit keperluan yang mendesak makanya harus ke kantor BPJS Kesehatan, tapi tetap pakai masker untuk memastikan agar aman. Tadi sebelum masuk juga disarankan cuci tangan dulu. Berharap kita sehat selalu,” ujarnya. (RW/ds)