14 Mei 2020
  |  
Dilihat : 9 kali

Dengan Aplikasi Ini, Segala Informasi Seputar JKN KIS Dapat Diakses Dari Manapun

Narasumber : Renaldi Putra

Prabumulih, Jamkesnews –  Sebagai upaya meningkatkan kepuasan bagi peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di era digital ini, BPJS Kesehatan menghadirkan suatu aplikasi yang dapat membantu memberikan beragam kemudahan dalam akses layanan melalui aplikasi Mobile JKN. Aplikasi ini dapat diunduh pada menu Play Store untuk pengguna Android dan App Store bagi pengguna IOS.

Melalui aplikasi Mobile JKN, masyarakat dapat melakukan pendaftaran (khusus peserta baru), perubahan data kepesertaan seperti perubahan lokasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), memeriksa riwayat pembayaran, melihat tagihan iuran, melihat ketersediaan tempat tidur, melakukan skrinning Mandiri Covid 19, konsultasi dokter, pendaftaran pelayanan di FKTP, melakukan pengaduan dan informasi lainnya.

Renaldi Putra atau biasa disapa Aldi (29) merupakan salah satu peserta JKN-KIS di Kota Prabumulih mengatakan bahwa dirinya sangat terbantu dengan adanya Aplikasi Mobile JKN. Menurutnya, aplikasi ini sangat mudah digunakan dan juga memiliki banyak manfaatnya.

“Aplikasi ini diunduh melalui Playstore atau Appstore, sangat mudah sekali. Di aplikasi ini juga sudah terdapat Skrinning Mandiri Covid 19. Menurut saya, hal ini sangat membantu sekali karena kita bisa melakukan Skrinning tersebut dari rumah. Kita hanya perlu mengisi beberapa pertanyaan sesuai dengan kondisi kita sebenarnya. Setelah selesai menjawab beberapa pertanyaan, kita dapat mengetahui hasilnya,” kata Aldi (18/5).

Melalui Mobile JKN kegiatan administratif yang semula dilakukan di kantor ditransformasi ke dalam bentuk aplikasi yang dapat digunakan oleh peserta di mana saja, kapan saja dan tanpa batasan waktu. Dengan kata lain peserta diberikan kemudahan untuk melakukan self service.

“Dengan adanya aplikasi Mobile JKN sangat membantu sekali dalam mengakses informasi JKN-KIS, terutama di tengah pandemi Covid-19 ini kita dihimbau oleh pemerintah untuk tetap dirumah. Namun, dengan adanya aplikasi Mobile JKN walaupun kita di rumah kita tetap bisa mengakses Informasi JKN-KIS,” kata Aldi.

Aldi juga mengatakan pada situasi saat ini perlu didukung dengan aplikasi untuk memudahkan mengakses pelayanan yang dibutuhkan. Dengan adanya Mobile JKN, memudahkan peserta untuk tetap mengakses informasi seputar JKN-KIS melalui smart phone di rumah. (RW/df)