02 Mei 2020
  |  
Dilihat : 15532 kali

JKN-KIS Beri Perlindungan dan Kemudahan Akses Layanan Bagi Hadi

Narasumber : Lalu Sudirman Hadi

Selong, Jamkesnews – Siapa yang tidak mengenal Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Program ini membuka akses yang lebih besar kepada masyarakat dalam mengakses layanan Kesehatan masyarakat. Di Tahun 2020 ini hampir seluruh masyarakat Indonesia telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS bahkan sudah tidak terhitung lagi jumlah orang yang telah merasakan manfaat dari Program JKN–KIS ini, mulai dari golongan muda hingga orang yang lanjut usia. Seperti halnya manfaat yang dirasakan oleh Lalu Sudirman Hadi yang merupakan salah satu peserta aktif JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Hadi yang menjadi petugas keamanan di salah satu kantor di Kabupaten Lombok Timur ini, mengaku mendukung Program JKN-KIS.

“Saya turut serta mendukung Program JKN-KIS ini, karena menurut saya Program ini memiliki tujuan yang sangat mulia sekali, dulu waktu belum ada JKN-KIS saya sendiri takut memeriksakan diri karena takut akan biaya pengobatan yang biaya tinggi tetapi sekarang walaupun saya jarang menggunakan Kartu JKN-KIS karena Allhamdulillah masih diberikan kesehatan, setelah ada JKN-KIS, saya merasa lega karena sudah tidak takut akan biaya pelayanan kesehatan, karena sudah ada JKN-KIS yang menjamin,” cerita Hadi kepada tim Jamkesnews (02/05).

Tidak hanya merasakan perasaan lega karena ada yang melindungi, Hadi warga Kabupaten Lombok Timur ini juga merasakan kemudahan akses layanan JKN-KIS melalui Aplikasi Mobile JKN. Kemudahan akses layanan ini ia rasakan saat ia ingin mengubah Fasilitas Kesehatan Pertama (FKTP) tempat ia terdaftar tanpa harus keluar rumah. “Satu lagi yang saya sangat apresiasi dari BPJS Kesehatan, yaitu kemudahan akses layanan melalui Aplikasi Mobile JKN, cukup unduh Aplikasi Mobile JKN kemudian registrasi dan semua kemudahan dapat anda dapatkan,” ujar Hadi sambi menunjukan Apikasi Mobile JKN yang telah dia unduh sejak tahun 2017 kepada tim jamkesnews.

“Saya telah lama download aplikasi ini karena tahu manfaatnya banyak sekali, selain bisa ganti faskes, bisa cek tagihan, bisa menampilkan KIS Digital dan yang paling menarik bisa skrining kesehatan melalui aplikasi ini,” tutup Hadi. (dh/ay)