01 Apr 2020
  |  
Dilihat : 831 kali

Maksimalkan Social Distancing, Peserta Bisa Manfaatkan Chika, Vika, dan Mobile JKN

Narasumber : Dliya Ulhaq Atika Putri (21) - Peserta PBPU

Tulungagung, Jamkesnews - Himbauan Pemerintah terhadap pentingnya social distancing di masa pandemi Covid-19 saat ini tidak menjadi penghambat Dliya Ulhaq Atika Putri (21) dalam mengakses kepesertaan JKN-KIS. Melalui fasilitas berbasis teknologi yang dikembangkan BPJS Kesehatan, menjadi sebuah alternatif yang bisa dimaanfaatkan mahasiswi IAIN Tulungagung ini. Beberapa fasilitas itu antara lain Aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh di Playstore maupun Appstore, pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting Chika (Chat Assistant JKN) yang dapat diakses melalui facebook messenger/whatsapp di nomor 08118750400/ telegram pada link https://t.me/BPJSKes_bot  dan pelayanan informasi Vika (Voice Interactive JKN) melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Tika, panggilan akrabnya, mengaku terbantu dengan adanya aplikasi tersebut. Tidak hanya dimudahkan dalam mengakses kepesertaan JKN-KIS, Tika juga merasa nyaman karena tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Pastinya memudahkan. Sangat membantu ketika ingin mengurus JKN, jadi tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan, karena jaraknya lumayan jauh dari rumah,” ucap warga asli Kecamatan Rejotangan Tulungagung ini," kata Tika.

Menurut Tika, pada setiap aplikasi memiliki kelebihan masing-masing. Sehingga peserta bisa memilih sesuai kebutuhannya.

“Di aplikasi Mobile JKN, bagi yang belum terdaftar JKN bisa melakukan pendaftaran. Tidak hanya itu, bisa juga melakukan perubahan data peserta, ada KIS digital, dan masih banyak lagi fiturnya. Bagi yang ingin mengetahui informasi JKN melalui chat bisa menggunakan Chika. Atau yang lebih nyaman bertanya langsung melalui suara bisa menggunakan Vika,” jelasnya.

Tika mengajak masyarakat dan peserta JKN yang lain agar memanfaatkan fasilitas yang ada, selain menerapkan social distancing untuk saling menjaga kesehatan, juga efisiensi waktu dan tenaga.

“Fasilitas sudah ada, tinggal bagaimana kita bisa memanfaatkan dengan baik. Selain bisa saling menjaga kesehatan, karena kan tidak berinteraksi langsung, kita juga bisa memaksimalkan aktivitas kita. Apalagi saya sebagai mahasiswa dengan berbagai kegiatan, jadi bisa mengakses sewaktu-waktu tanpa harus meluangkan waktu untuk ke kantor BPJS Kesehatan,” ujar Tika.

Dirinya berharap, ketika pandemi Covid-19 berakhir masyarakat dan seluruh peserta JKN-KIS tetap memanfaatkan berbagai kemudahan yang ditawarkan BPJS Kesehatan, dan berharap inovasi terus dilahirkan agar semakin memuaskan pelayanannya. (ar/ck)