31 Mar 2020
  |  
Dilihat : 25 kali

Mobile JKN Bantu Ivansius Berobat

Narasumber : Ivansius Ambut

Wamena, Jamkesnews - Hadirnya aplikasi Mobile JKN terasa sangat mempermudah urusan peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) dari sisi administratif maupun saat hendak melakukan pelayanan kesehatan. Peserta JKN-KIS pun dapat mengunduh KIS Digital di handphone-nya melalui aplikasi Mobile JKN.

Keunggulan lain yang dimiliki aplikasi tersebut adalah peserta bisa memperoleh informasi terbaru terkait layanan JKN-KIS, mengetahui jadwal operasi dokter di rumah sakit, sampai dengan ketersediaan tempat tidur, dan masih banyak lagi.

Ivansius Ambut (24) adalah peserta JKN-KIS dari segmen Pekerja Penerima Upah Badan Usaha (PPU BU) bernama Yudha Cafe yang juga turut merasakan manfaat dari Program JKN-KIS ketika berobat di klinik Polres Jayawijaya. Ivansius mengaku bahwa pelayanan kepada peserta JKN-KIS disana sangat baik.

“Saya pernah menggunakan kartu JKN-KIS digital yang ada di Mobile JKN untuk berobat selama dua kali di Klinik Polres Jayawijaya ketika menderita sakit maag. Beruntung saat itu saya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak dua tahun yang lalu sehingga saya dimudahkan dalam proses pengobatan," ungkapnya, Selasa (31/03).

Awalnya ia merasa kurang sehat selama dua hari dan setelah diperiksa ternyata ia menderita maag akibat pola makan yang tidak teratur. Bukan hanya itu, dokter juga mengatakan bahwa ia terkena gejala penyakit typus.

"Hal ini membuat saya tidak bersemangat untuk melakukan aktivitas dan bekerja karena nafsu makan mulai berkurang dan badan terasa lemas sepanjang hari," lanjutnya.

Ditambahkannya, setelah diperiksa oleh dokter yang bertugas di sana, ia diberikan obat untuk diminum dan disarankan untuk beristirahat di rumah selama dua hari tanpa melakukan aktivitas kerja. Semua itu ia lakukan sesuai anjuran dokter dan hasilnya ia segera pulih. Ivansius pun mengatakan bahwa ia telah sembuh dan dapat mengerjakan pekerjaannya dengan menjaga kondisi tubuh dan memperhatikan pola makan. 

“Saat ini saya bisa merasakan banyak perubahan sejak berobat di klinik Polres. Hikmahnya itu bisa menjadi pengalaman untuk saya bisa menjaga kondisi fisik tubuh dengan memperhatikan waktu kerja, menjaga pola makan, serta banyak menggonsumsi vitamin yang bermanfaat untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap prima. Jangan lupa tetap bayar JKN-KIS agar selalu terjamin di kala tiba-tiba jatuh sakit," tutupnya. (TR/fs)