24 Mar 2020
  |  
Dilihat : 11 kali

Yayuk Ajak Masyarakat Download Aplikasi Mobile JKN untuk Dukung Social Distancing

Narasumber : Yayuk (55) Peserta Segmen PBPU

Kotabumi, Jamkesnews – Cuaca yang tak menentu menimbulkan beberapa masalah kesehatan bagi sebagian orang seperti batuk, flu, demam dan lain sebagainya. Menjaga pola hidup sehat, rutin berolahraga, istirahat yang cukup dan mengkonsumsi makanan bergizi seimbang tentu menjadi senjata utama untuk terhindar dari berbagai penyakit. Namun terkadang hal tersebut belum cukup sehingga tak jarang kita masih membutuhkan pengobatan medis untuk mengembalikan kesehatan tubuh seperti semula. Di saat seperti ini, memiliki jaminan kesehatan adalah solusi yang tepat bagi masyarakat, seperti yang dituturkan oleh Yayuk (55) warga Maduroko.

“Saya sekeluarga jadi peserta JKN-KIS segmen mandiri sudah lama sekali. Kami sadar saat ini punya jaminan kesehatan adalah hal yang sangat penting untuk jaga-jaga. Jatuh sakit kan tidak bisa diprediksi,” ujar Yayuk, Selasa (24/03).

Setiap bulannya Yayuk rutin membayar iuran JKN agar kartunya selalu dalam keadaan aktif dan dapat langsung digunakan saat membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Walaupun tidak sakit pun saya tetap rutin bayar iuran karena saya tahu Program JKN-KIS prinsipnya gotong royong. Saya yakin iuran yang saya bayarkan ini tidak sia-sia, pasti banyak yang terbantu pengobatannya jika masyarakat rutin membayar iuran,” lanjutnya.

Beberapa bulan yang lalu BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi menghadirkan kanal layanan Mobile Customer Service (MCS)  di Desa Maduroko yang dimanfaatkan Yayuk untuk mengubah data. Selain itu Yayuk juga mendapatkan sosialisasi singkat mengenai penggunaan aplikasi Mobile JKN.

“Saya senang sekali dulu diberi informasi mengenai aplikasi Mobile JKN, sangat berguna di saat pemerintah mengimbau untuk tidak keluar rumah agar menghambat penyebaran virus corona. Lewat aplikasi ini kita tetap bisa mendapatkan layanan administrasi seperti ubah FKTP, ubah data diri, melakukan pengaduan dan lain sebagainya. Bahkan sekarang ada fitur ketersediaan tempat tidur rumah sakit dan antrean online lho, makin canggih deh,” kata Yayuk.

Di akhir pertemuannya dengan tim Jamkesnews, Yayuk berpesan kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan hidup sehat, menjaga kebersihan dan mengikuti himbauan pemerintah untuk melakukan social distancing.

“Kita harus jaga diri, jaga keluarga dan jaga lingkungan sekitar. Sudah ada instruksi dari pemerintah apa saja yang harus kita lakukan untuk menghentikan penyebaran virus corona ini, ya kita ikuti saja. Dan jangan lupa download aplikasi Mobile JKN agar tetap bisa melakukan perubahan data tanpa perlu ke kantor cabang sebagai salah satu langkah mendukung social distancing,” tutup Yayuk. (RV/rk)