24 Mar 2020
  |  
Dilihat : 16 kali

Arwan Percayakan Program JKN-KIS untuk Menjaga Kesehatannya

Narasumber : Arwan

Tangerang, Jamkesnews - Hadirya Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan dirasa sangat memberikan dampak posiif bagi seluruh masyarakt Indonesia. Dengan jaminan kesehatan yang menghadirkan banyak manfaat dengan iran yang sangat terjangkau, membuat seluruh masyarakat kini mempercayakan jaminan kesehatannya kepada Program JKN-KIS. 

Arwan salah satu penjaga keamanan di Tangerang menjadi salah satu peserta JKN-KIS yang aktif membayarkan iuran dan telah beberapa kali memanfaatkan kepesertaannya saat sakit. Arwan aktif membayar iuran lewat gaji yang dipotong setiap bulannya.

“Saya membayar iuran JKN-KIS setiap bulan, alhamdulillah rutin. Saya bekerja sebagai satpam, jadi iuran JKN-KIS saya dipotong dari gaji saya setiap bulannya,” ujar Arwan. (23/03).

Setiap bulan melakukan pembayaran iuran, Arwan merasa ikhlas dan tidak keberatan. Baginya iuran JKN-KIS adalah hal wajib yang harus ditunaikan setiap bulan. Dengan mengiur setiap bulan secara tidak langsung Arwan ikut membantu sesama yang sedang sakit dan membutuhkan pembiayaan. Hal inilah yang selalu diingat dan menjadi pedomannya selama ikut serta dalam Program JKN-KIS.

“Tidak apa-apa mengiur setiap bulan, bukan masalah bagi saya. Iuran saya itu tidak lari kemana-mana tapi untuk orang lain yang sakit. Saya hanya ingat soal itu saja,” ujar Arwan.

Arwan pun beberapa kali sempat menggunakan kartu JKN-KIS untuk berobat. Berobat ke klinik tempatnya terdaftar, Arwan selalu dilayani dengan baik dan tanpa diskriminasi. Arwan mendapatkan perlakuan yang baik serta obat yang memadai untuk kesembuhannya.

“Beberapa kali saya memang ada sakit. Sakitnya tidak berat, sakit ringan biasa seperti radang tenggorokan, flu, atau maag. Saya selalu ke klink dan berobat pakai kartu saya. Saya bayar iuran untuk membantu yang sakit dan kalau ketiban saya yang sakit saya juga bisa menggunakan,” ujarnya.

Setelah terdaftar sebagai peseta JKN-KIS yang aktif, Arwan lebih tenang dalam beraktifitas sehari-hari. Ia tak lagi khawatir jika sewaktu-waktu sakit. Ada Program JKN-KIS yang bisa ia gunakan sebagai penjaminan di klinik maupun di rumah sakit. Tak perlu lagi bingung mencari biaya saat sakit datang.

“Saya lebih tenang saat ini punya BPJS, jadi sewaktu-waktu kami butuh, bisa digunakan. Tidak perlu kita pikirkan dari mana uang untuk bayar rumah sakit. Saya penjaga keamanan, dan kesehatan saya dijaga JKN-KIS,” tutupnya.(AM/la).