Tangerang, Jamkesnews - Lagi-lagi BPJS Kesehatan mengeluarkan inovasi terbarunya, Chika adalah pelayanan informasi dan pengaduan melalui chatting yang direspon Artificial Intelligence /sistem. Chika bisa diakses melalui Facebook Messenger, Telegram bahkan Whatsapp. Chika diluncurkan untuk mempermudah peserta mendapatkan informasi tentang BPJS Kesehatan dan kepesertaan JKN-KIS. Peserta bisa langsung menyapa layaknya berinteraksi dengan orang lain melalui chat. Peserta kemudian memilih layanan apa yang dibutuhkan, maka Chika akan merespon dan memberikan balasan.

“Saya memanfaatkan layanan Chika untuk mengecek tagihan saya. Jadi tidak perlu ke kantor, telfon juga tidak, cukup chat saja,” ujar Zahra. (23/03).

Ada beberapa menu yang bisa diakses oleh peserta melalui layanan Chika ini. Menu tersebut antara lain, cek status peserta, cek tagihan BPJS Kesehatan, cek lokasi fasilitas kesehatan dan lokasi kantor cabang BPJS Kesehatan, menu registrasi peserta serta menu perubahan data peserta. Menu ini lengkap dan memudahkan peserta.

Layanan ini dinilai sangat tepat diberikan kepada masyarakat dan menjadi solusi serta kemudahan yang baik. Peserta yang kesulitan untuk menelfon ke 1500 400 karena keterbatasan pulsa, atau bahkan kurang mahir dalam mengoperasikan smartphone bisa beralih ke Chika. Chika relatif mudah karena peserta berkomunikasi layaknya chating dengan orang lain.

Selain itu, Chika adalah jalan keluar untuk mengecek data kepesertaan BPJS Kesehatan tanpa harus datang ke kantor. Terlebih lagi, saat ini pemerintah sedang gencar menggalakan social distancing dan menyelesaikan persoalan Covid-19 yang saat ini melanda. Peserta tetap bisa mendapatkan informasi tanpa harus pergi keluar rumah dan tanpa datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“Ini juga merupakan solusi saat kita diharuskan banyak berdiam diri di rumah dan menghindari keramaian. Kita tetap bisa cek data tanpa harus pergi keluar rumah dan khawatir dengan penyebaran Corona,” ujar Zahra.

Walaupun berupa sistem, bahasa yang muncul di Chika juga mudah dan dimengerti oleh peserta. Dengan bahasa semi formal yang tetap santun dan jelas, Chika berhasil membuat peserta nyaman dalam berinteraksi. Mari manfaatkan layanan Chika, layanan mudah, praktis dan bisa dilakukan dimana pun, kapan pun bahkan dari rumah sekalipun. (AM/la).