23 Mar 2020
  |  
Dilihat : 46 kali

Cegah Penyebaran Corona, BPJS Kesehatan Tangerang Maksimalkan Mobile JKN dan Care Center

Narasumber : Rian

Tangerang, Jamkesnews – Wabah Corona sedang melanda dunia termasuk Indonesia. Himbauan untuk tetap berada di rumah dan menghindari keramaian (social distancing) didengungkan setiap hari untuk mencegah penyebaran virus ini. BPJS Kesehatan sebagai badan hukum publik yang memberikan layanan kepada masyarakat, memastikan pelayanan terhadap peserta tetap berjalan tanpa mengabaikan aturan dan himbauan pemerintah tentang social distancing.

Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Tangerang, Johana mengungkapkan ada banyak pilihan yang bisa dilakukan oleh peserta yang ingin mengurus kepesertaan JKN-KIS mereka tanpa harus datang ke kantor cabang. Mobile JKN dan Care Center 1500 400 adalah layanan yang bisa dimaksimalkan oleh peserta untuk tetap mendapatkan informasi JKN-KIS tanpa bepergian keluar rumah.

“Dalam kondisi seperti ini kami menganjurkan peserta yang ingin mendapatkan informasi JKN-KIS maupun perubahan data untuk bisa mengakses Aplikasi Mobile JKN atau menghubungi Care Center 1500 400. Layanan semacam ini sangat tepat ditekankan kepada peserta agar peserta tetap bisa terhubung dengan kami namun tetap aman dan tidak beresiko,” ujar Johana (23/03).

Dengan menghubungi Care Center 1500 400 peserta bisa mendapatkan informasi kepesertaan, seperti status keaktifan peserta dan tagihan. Selain itu, bagi peserta yang belum terdaftar, bisa melakukan pendaftaran kepesertaan JKN-KIS segmen PBPU atau mandiri melalui sambungan telfon 1500 400.

Selain Care Center, aplikasi Mobile JKN juga sangat memadai bagi peserta yang ingin mendapatkan informasi bahkan merubah data. Perubahan data yang bisa dilakukan seperti perubahan faskes (klinik/puskesmas), perubahan kelas rawat hingga perubahan alamat dan nomor handphone. Mobile JKN juga solusi yang tepat bagi peserta yang ingin mengecek pembayaran, bahkan mendaftar antrean di klinik (menu pendaftaran pelayanan).

“Mobile JKN ini sangat banyak menu dan kemudahannya bagi peserta. Kami arahkan pada peserta yang datang ke kantor untuk langsung mengakses Aplikasi Mobile JKN. Selain mengurangi interaksi dan kerumunan orang, suatu saat walaupun tidak ada wabah Corona, peserta sudah teredukasi untuk menggunakan Mobile JKN. Bagi peserta yang memang keperluan datanya tidak bisa dilayani dengan Mobile JKN, tetap kita persilahkan masuk dengan terlebih dahulu melalui protokol yang sudah ditetapkan seperti pengukuran suhu tubuh. Ini untuk keselamatan bersama, peserta dan petugas kami,” ujar Johana.

Rian salah satu peserta JKN-KIS sudah memanfaatkan Mobile JKN untuk mengurus kepesertaannya. Menurutnya, ini fasilitas yang mengikuti jaman serta fasilitas yang baik dari BPJS Kesehatan untuk tetap melayani peserta tanpa mengabaikan keselamatan semua.

“Saya sudah manfaatkan Mobile JKN untuk mengurus BPJS saya. Alhamdulillah tetap bisa mengurus BPJS tanpa khawatir dan berkerumun dengan orang lain,” ujarnya.

Mari manfaatkan Mobile JKN dan Care Center 1500 400 untuk mengetahui informasi JKN-KIS dan melakukan perubahan data. Perubahan data tetap bisa dilakukan tanpa keluar rumah, lebih aman dan nyaman. (AM/la).