14 Feb 2020
  |  
Dilihat : 17 kali

Kartu JKN-KIS Bikin Hidup Lebih Tenang

Narasumber : Kiki Fitriani

Polewali, Jamkesnews – Dalam 7  tahun penyelenggaraan, Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) telah banyak dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Dengan mengedepankan asas gotong royong dalam penyelenggaraannya, Program JKN-KIS mampu menghadirkan rasa aman kepada seluruh peserta JKN-KIS dalam hal kepastian pembiayaan kesehatan. Hal senada juga turut diungkapkan oleh Kiki Fitriani, salah satu pesera JKN-KIS kepada tim Jamkesnews saat ditemui di kediamannya.

Kiki yang merupakan warga Dusun Ujung, Kabupaten Polewali Mandar ini sehari-hari bekerja sebagai penjual ikan. Terdaftar sebagai peserta JKN-KIS pada segmen Peserta Bukan Penerima Upah (PBPU) membuat Kiki memiliki kewajiban untuk membayar iuran secara mandiri setiap bulan.

“Saya terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sebenarnya sudah lama pak, waktu itu saya mendaftarkan suami dan anak saya juga. Namun karena satu dan lain hal, pembayaran iuran saya sering terlambat,” ungkapnya mengawali perbincangan.

Puncaknya Kiki melanjutkan, bahwa saat itu dirinya pernah jatuh sakit dan harus dirawat di rumah sakit. Namun, kartu JKN-KIS yang ia miliki tidak aktif karena ia memiliki tunggakan iuran.

“Jadi waktu itu, kartu JKN-KIS saya tidak aktif dan belum bisa digunakan karena kelalaian saya pak,” ucap Kiki.

Ia melanjutkan, dengan tidak berlakunya kartu JKN-KIS yang ia miliki, ternyata biaya yang harus ia keluarkan untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di rumah sakit cukup banyak. Sejak saat itu dirinya mulai memahami tentang pentingnya membayar iuran Program JKN-KIS secara rutin setiap bulan.

“Saya mulai menyisihkan penghasilan untuk membayar iuran Program JKN-KIS. Ternyata lebih ringan jika dibayar rutin setiap bulan,” Akunya.

Kiki menjelaskan dengan membayar iuran rutin setiap bulan ia tidak perlu khawatir lagi akan mengalami kejadian yang sama seperti yang pernah ia alami sebelumnya. Apalagi mengingat anak-anaknya yang masih kecil dan sangat rentan terkena penyakit.

“Sekarang saya dan keluarga tidak perlu memikirkan timbulnya biaya yang tidak terduga jika suatu saat saya atau keluarga saya tiba-tiba terkena penyakit. Program JKN-KIS memberikan rasa aman kepada kami,” tutup Kiki (IM/ba).