13 Feb 2020
  |  
Dilihat : 38 kali

BPJS SATU! SELAIN MEMBANTU PESERTA JKN-KIS, JUGA MEMBANTU RUMAH SAKIT

Narasumber : dr. Harman Haba

Mamuju, Jamkesnews — BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi untuk memberikan layanan terbaik kepada seluruh peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), salah satu inovasi yang terus digencarkan sejak awal tahun 2020 yakni BPJS SATU (siap membantu). Rompi berwarna kuning menjadi ciri khas bagi petugas BPJS SATU yang dapat ditemui disetiap Rumah Sakit yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Rumah Sakit Mitra Manakarra merupakan salah satu rumah sakit swasta yang telah bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Mamuju. Adalah dr. Harman Haba, selaku Kepala Seksi Pelayanan Medik Sekaligus Penanggung Jawab Pemberian Informasi dan Penanganan Pengaduan (PIPP) Rumah Sakit Mitra Manakarra menerangkan bahwa ia sangat terbantu dengan adanya BPJS SATU! saat ditemui oleh tim Jamkesnews di ruangannya, Rabu (12/02).

“Kami menyambut baik dengan adanya BPJS SATU!, inisiatif BPJS Kesehatan ini sangat membantu rumah sakit dalam penanganan pengaduan dan juga dapat memberikan masukan-masukan bagi rumah sakit terkait pelayanan yang dirasa belum maksimal.” Papar Harman.

Selain pihak Rumah Sakit tim Jamkesnews juga berhasil menemui salah satu peserta yang sedang memanfaatkan layanan BPJS SATU!. Lina sapaan akrabnya adalah peserta JKN-KIS segmen Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau yang biasa dikenal dengan peserta mandiri, sangat senang dan merasa terbantu ketika dirinya menemui kendala dan ada petugas BPJS SATU yang dapat memberikan informasi terkait BPJS Kesehatan.

“BPJS SATU! sangat membantu pasien ketika di Rumah Sakit ada yang membutuhkan bantuan baik berupa informasi maupun pengaduan, kami pihak keluarga pasien tidak perlu repot-repot datang ke kantor BPJS Kesehatan jika memerlukan informasi. Apalagi jika pasien dirujuk dan tidak ada keluarga yang bisa mengurus semuanya," jelas Lina.

Lina juga mengatakan dengan adanya petugas BPJS SATU! yang berkunjung ke Rumah Sakit, sebagai peserta ia merasa bahwa program ini sangat memberikan kepastian bagi peserta, dan membuat semakin tahu bagaimana alur dan prosedur terkait BPJS Kesehatan.

"Kami berharap BPJS Kesehatan dapat terus meningkatkan pelayanan dan juga terus melakukan inovasi-inovasi agar peserta JKN-KIS tidak hanya puas dengan layanan kesehatan yang didapat tetapi juga dimudahkan dengan segala bentuk inovasi yang telah dibuat," katanya.[]