10 Feb 2020
  |  
Dilihat : 10 kali

Firmansyah : Jaminan kesehatan Membuat Kelurga Terlindungi

Narasumber : Firmansyah

Cibinong, Jamkesnews – Memiliki jaminan kesehatan adalah hal yang terpenting baik bagi keluarga maupun individu. Adanya jaminan kesehatan membuat kita jadi merasa lebih aman dan tidak perlu khawatir apabila sewaktu-waktu kesehatan tidak baik. Banyak jaminan kesehatan yang telah hadir di masyarakat salah satunya adalah BPJS Kesehatan melalui program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

BPJS Kesehatan bersama Pemerintah membangun kerja sama dalam memberikan jaminan kesehatan melalui Program JKN-KIS. Hal tersebut diharapkan dapat menjangkau seluruh penduduk Indonesia dan memberikan pelayanan yang berkualitas tanpa diskriminasi. Tim Jamkesnews kami menghampiri salah satu peserta untuk bercerita mengenai pengalamannya dan keuntungannya menjadi bagian dari peserta JKN-KIS.

Firmansyah (29) seorang pegawai swasta di suatu perusahaan yang bertempat tinggal di Kampung Leuweung Kolot merupakan salah satu peserta Program JKN-KIS dari segmen peserta mandiri. Sebagai peserta JKN-KIS, Firmansyah sudah lama menjadi peserta JKN-KIS sejak ia bujang, Saat ini dia sudah berkeluarga dan sudah memiliki satu orang anak.

“Kedatangan saya hari ini di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Cibinong adalah mengurus JKN-KIS keluarga kecil saya bersama dengan istri,” ujar Firmansyah, Senin (10/02).

Menurut Firmansyah dengan adanya JKN-KIS ini, masyarakat dapat terbantu meringankan biaya berobat. Hal ini telah ia rasakan dan alami sendiri, sekarang biaya untuk berobat sudah mahal baik rumah sakit swasta maupun daerah. Salah satu cara dalam menangani permasalahan tersebut adalah menjadi peserta Program JKN-KIS.

“Pengalaman saya dengan menggunakan JKN-KIS pada tahun 2016 saat istri saya ingin melahirkan dan butuh tindakan khusus melalui operasi caesar, alhamdulilah operasinya berjalan lancar dan baik. Kemudian beberapa bulan yang lalu anak saya mengalami genjala tipes 2 kali dan butuh perawatan selama 1 hari. Biaya yang dikeluarkan tersebut tidak sedikit tetapi dengan adanya JKN-KIS saya terbantu sekali,” tambah Firmansyah, Senin (10/02).

Pada saat ditemui oleh tim jamkesnews kami, istri Firmasyah sedang mengandung dan kemungkinan tahun ini akan melahirkan.

“Kebetulan pada tahun ini, istri saya akan melahirkan anak kedua, tentu apabila diperlukan penanganan khusus lagi melalui operasi caesar. Pastinya saya akan mengandalkan JKN-KIS ini untuk masalah tersebut, jadi saya tidak terlalu khawatir mengenai biaya yang akan di keluarkan tersebut,” tutur Firmansyah, Senin (10/02).

Sebelum berpisah, Firmansyah berharap BPJS Kesehatan tetap memberikan layanan yang baik dan prima kedepannya, kemudian meningkatkan layanan fasilitas rumah sakit dalam mendapatkan kamar. (TA)