Sorong, Jamkesnews – Pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan selaku penyelenggara Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) kepada pesertanya selalu berlandaskan tanggap, kenyamanan dan keramahan. Berfokus pada pelayanan dan kepuasan peserta di tahun 2020 ini, BPJS Kesehatan banyak berinovasi untuk memberikan kemudahan dan pelayanan terbaik untuk peserta JKN-KIS.

Merasakan sendiri pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan, Sartika Giritoyi (28) seorang Guru Honorer disalah satu sekolah di Kota Sorong ini mengaku sangat bersyukur telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS beserta keluarganya. Ia merasa telah diringankan beban untuk memikirkan biaya jika sewaktu-waktu terdapat keluarga yang sakit. Ditemui tim jamkesnews di Kantor Cabang Sorong, Selasa (04/02) saat hendak mencetak kartu JKN-KIS nya yang hilang, ia menceritakan pengalamannya dalam mendapatkan manfaat JKN-KIS.        

“Kami dan keluarga beberapa kali menggunakankartu JKN-KIS ini ketika sakit. Tak hanya di Puskesmas Malawei tempat kami terdaftar, bahkan pernah operasi dan segalanya diberi kemudahan. Seluruhnya dijamin mulai dari obat, biaya operasi, pelayanan di rumah sakit trada (tidak pernah-red) dikasih kendala atau kesulitan,” jelasnya tersenyum kepada tim jamkesnews.

Lanjutnya bercerita, Sartika panggilannya mengaku beberapa tahun yang lalu dijamin BPJS Kesehatan untuk proses melahirkan. Menurutnya asalkan semua alur yang telah ditetapkan ditaati dengan baik, masyarakat dapat bertenang hati akan dijamin seluruh perawatan sampai tuntas. Ia pun tak segan-segan berulang kali mengucap syukur bahwa seluruh keluarganya telah terdaftar sebagai peserta JKN-KIS sejak tahun 2018 yang lalu.

“Semuanya lancar, pelayanannya juga baik menurut pengalaman saya. Hampir tidak ada kendala dalam menggunakan kartu JKN-KIS ini. Harapannya hanya bisa mengharapkan manfaatnya jangan sampai putus, kita merasa terlindungi dengan baik. Sangat membantu meringankan beban masyarakat khusunya yang tidak mampu. Semoga ya semakin lancar programnya,” harapnya kepada tim jamkesnews.

Setelah mendapatkan pelayanan dalam mengurus kartunya yang hilang, ia mengaku sangat berterima kasih telah dilayani dengan ramah dan tanggap di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Sorong. Hampir tak mengalami kendala, sekali lagi kepada tim Jamkesnews sartika mengucap syukur dan memberikan apresiasinya kepada seluruh petugas pelayanan atas bantuan dan pelayanannya. (TR/ws)