04 Feb 2020
  |  
Dilihat : 3610 kali

EWENA ENUMBI : MERASA PUAS DENGAN INFORMASI YANG DISAMPAIKAN OLEH PETUGAS BPJS SATU!

Narasumber : Ewena Enumbi (PBI APBD)

Puncak Jaya, Jamkesnews - BPJS SATU! atau BPJS "Siap Membantu" merupakan optimalisasi peran petugas PIPP BPJS Kesehatan di rumah sakit melalui penguatan pengelolaan pemberian informasi dan penanganan pengaduan yang terintegrasi dengan pengelolaan informasi dan pengaduan rumah sakit. Dengan hadirnya petugas BPJS SATU!maka peserta JKN-KIS akan dapat lebih terbantukan. Selain layanan BPJS SATU! peserta JKN-KIS juga dapat memanfaatkan sarana lain yang BPJS Kesehatan sediakan yaitu Aplikasi Mobile JKN serta BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Hadirnya petugas BPJS SATU! di rumah sakit diakui sangat membantu sekali. Ewena Enumbi (35) Peserta segmen PBI APBD Kabupaten Puncak Jaya yang sehari hari nya bekerja sebagai pedagang dipasar, dengan penghasilan yang tidak menentu, bersyukur diri nya dan keluarga telah didaftarkan oleh Pemerintah Daerah setempat menjadi peserta JKN-KIS.

Dirinya tidak menyangkan kalau suatu saat akan menderita sakit seperti sekarang ini. Ewena dirawat di RSUD Mulia sejak 4 hari terakhir karena menderita luka abses pada jari-jari kaki nya akibat penyakit Diabetes Melitus (DM) yang diderita nya.

“Dokter menyampaikan bahwa saya akan dioperasi, namun saya merasa takut dan bingung karena biayanya pasti mahal. Ternyata setelah di cek saya sudah terdaftar sebagai peserta JKN-LIS, jsehingga saya menyetujui tindakan yang akan dokter lakukan tanpa harus pusing pikir biayanya lagi. Dan sekarang setelah selesai dioperasi, saya masih harus dirawat di RS untuk melihat perkembangan kesembuhannya lagi,” cerita Ewena saat ditemui oleh petugas BPJS SATU! di ruang perawatan, Senin (03/02).

Dalam kesempatan tersebut beberapa pasien yang dihampiri awalnya terlihat heran dan merasa asing dengan hadirnya petugas BPJS Kesehatan yang berompi kuning tersebut, akan tetapi setelah petugas BPJS SATU! menjelaskan maksud dan tujuannya, banyak peserta yang menghampiri dan memberikan respon yang positif.

“Untuk mendapatkan informasi terkait Program JKN-KIS tidak perlu bingung lagi karena Petugas BPJS SATU! sangat membantunya dalam mendapatkan informasi seputar Program JKN-KIS, karena saya tidak paham betul manfaat apa saja yang di dapatkan sebagai peserta JKN-KIS. Setelah banyak mendapatkan masukan dari petugas BPJS SATU! ternyata semua penyakit itu dijamin oleh program JKN-KIS asal sesuai indikasi medis dan mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan, ”tutup Ewena. (TR/jr)