20 Jan 2020
  |  
Dilihat : 4358 kali

FONIKE : ASAM LAMBUNG SEMBUH BERKAT JKN-KIS

Narasumber : Fonike Lenora Demonggren

Jayapura, Jamkesnews -  BPJS Kesehatan yang ditunjuk Pemerintah sebagai pihak yang menjalankan Program Jaminan Kesehaan Nasional- Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Dengan adanya JKN-KIS ini masyarakat diberikan kemudahan akses untuk mendapatkan pelayanan kesehatan di seluruh fasilitas kesehatan.

Fonike Lenora Demonggren (41) adalah peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) APBN yang beralamat tinggal di Ardipura RT 01 RW 03, Jayapura Selatan, Kota Jayapura, yang sudah merasakan manfaat dari program ini yang sangat luar biasa.

Saat ditemui oleh tim Jamkesnews, Selasa (21/01) Fonike menyampaikan rasa terima kasihnya karena dengan adanya Program JKN-KIS yang dapat menjamin kesehatan dan pengobatan peserta yang sakit tanpa harus mengeluarkan biaya. Menurutnya dengan semakin banyaknya macam penyakit dimasa sekarang ini tentunya sangat berdampak terhadap ekonomi masyarakat.

"Saya merasakan manfaat yang luar biasa dari kartu JKN-KIS ini. Waktu itu tengah malam sekitar pukul 01.00 WIT dini hari, asam lambung saya kambuh dan Puskesmas tempat saya terdaftar tutup sehingga saya langsung menuju ke Rumah Sakit Provita Kota Jayapura yang terdekat dari tempat tinggal saya. Setiba di RS saya langsung diarahkan masuk ke UGD dan ditangani oleh perawat dan dokternya dengan baik," tambahnya.

“Saya sempat berpikir ini rumah sakit bagus, pasti biayanya mahal. Akhirnya setelah penanganan medis selesai dan saya diperbolehkan pulang, sama sekali tidak ada biaya sepeserpun yang saya keluarkan, saya hanya memberikan kartu JKN-KIS yang dibayarkan oleh pemerintah dan semuanya dijamin BPJS Kesehatan. Setiba dirumah, keluarga serta tetangga menanyakan berapa biaya yang dikeluarkan dan saya hanya menjawab sambil tersenyum sama sekali tidak ada biaya yang saya keluarkan cukup dengan menunjukkan kartu JKN-KIS semuanya dijamin,” ceritanya.

Sekarangpun saya tetap melakukan kontrol di RS dan tidak ada biaya yang saya keluarkan.

Di akhir pertemuannya dengan tim Jamkesnews, Fonike mengatakan bahwa Program JKN-KIS harus terus berjalan sehingga masyarakat dapat merasakan manfaat program ini terlebih untuk yang masyarakat kurang mampu, sebagai bukti bahwa Pemerintah selalu hadir bagi masyarkatnya yang membutuhkan,” tutupnya. (TR/jr)