14 Jan 2020
  |  
Dilihat : 132 kali

Erteti Semangat Datangi MCS BPJS Kesehatan

Narasumber : Erteti - PBPU

Tangerang, Jamkesnews – Mobile Costumer Service (MCS) merupakan layanan jemput bola yang dihadirkan oleh penyelenggaraan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Layanan jemput bola melalui MCS ini akan menghampiri masyarakat di lingkungan peserta, pusat keramaian, kelurahan, maupun tempat ibadah. Layanan MCS tidak berbeda dengan layanan administrasi yang bisa dilakukan di kantor cabang. Kali ini, BPJS Kesehatan Cabang Tangerang menghadirkan layanan jemput bola di Keluarahan Sudimara Barat, Ciledug Tangerang.

Menurut pantauan tim Jamkesnews, telah banyak warga yang tinggal di wilayah Sudimara Barat menunggu kehadiran mobil pelayanan dari BPJS Kesehatan tersebut. Bahkan, saat ditanya oleh tim Jamkesnews, Erteti, salah seorang peserta JKN-KIS sudah menunggu sebelum laynan jemput bola trsebut datang. Dirinya mengaku bersemangat menanti kehadiran layanan jemput bola melalui MCS tersebut.

“Dari jam 8 kurang seperempat saya sudah disini. Padahal pengumumannya, BPJS buka disini mulai jam 9. Tapi saya mau lebih awal, supaya cepat saya datang sepagi mungkin,” ujar Erteti pada Senin (13/01).

Erteti memperoleh informasi hadirnya layanan MCS di Sudimara Barat dari lingkungan sekitarnya. Petugas kelurahan memberikan informasi kepada RT dan RW, kemudian pihak RT dan RW langsung menyebarkan kepada masyarakat. Berdasar informasi ini Erteti segera datang ke kelurahan untuk mengurus penurunan kelas.

“Kemarin tanggal 2 Januari saya juga sempat datang kesini, tapi ternyata layanannya tidak jadi. Saat itu kan banjir, jadi jalannya ketutup semua. Petugasnya kehalang banjir. Makanya saat sekarang sudah surut, saya langsung kesini untuk mengurus administrasi kepesertaan saya ,” tambah Erteti.

Menurutnya mengurus administrasi BPJS Kesehatan lebih mudah dan praktis dilakukan di MCS. Layanan BPJS Kesehatan datang ke sekitar peserta sehingga Erteti tidak perlu jauh datang ke Kantor BPJS Kesehatan. Jika ada keperluan yang belum dibawa, Erteti juga dekat untuk mengambilnya.

“Menurut saya enakan urus disini, dekat dari rumah daripada saya harus ke Cikokol sana. Saya urus turun kelas disini dan saya tidak penah menunggak bayar iuran. Dari tahun 2014 saya daftar BPJS, saya selalu rutin untuk membayar iuran. Sesekali pernah saya pakai juga kartunya untuk berobat di klinik. Alhamdulillah tidak pernah sampai rawat di rumah sakit,” katanya.

Di akhir pertemuannya, Erteti mengajak kepada seluruh masyarakat khususnya peserta JKN-KIS untuk memanfaatkan layanan MCS BPJS Kesehatan. Dengan hadinya layanan jemput bola melalui MCS ini, kata Erteti akan memudahkan peserta JKN-KIS untuk mengurus administrasi kpeesertan tanpa harus berkunjung ke kantor cabang. (RS/la).