30 Jul 2020
  |  
Dilihat : 78 kali

e-Dabu Mobile Mudahkan HRD Perusahaan Peserta JKN-KIS

Karawang, JamkesnewsBPJS Kesehatan terus meghadirkan inovasi untuk memberikan kemudahan akses bagi seluruh lapisan masyarakat. Baru-baru ini, BPJS Kesehatan meluncurkan aplikasi e-Dabu Mobile yang dapat diakses melalui smartphone. Hal tersebut yang mendasari adanya kegiatan pertemuan yang digelar oleh BPJS Kesehatan Cabang Karawang dengan mengundang seluruh badan usaha yang beroperasi di wilayah  Kabupaten Karawang dan Kabupaten Purwakarta, Kamis (30/07).

Electronic Data Badan Usaha atau yang disingkat dengan e-Dabu merupakan alat bantu untuk mempermudah proses mutasi tambah/kurang peserta, rekonsiliasi data peserta dan iuran badan usaha. Adapun Prinsip kerja e-Dabu yaitu self assesment, artinya badan usaha mengakses data pekerja dan anggota keluarganya yang menjadi peserta Program JKN-KIS pada periode tertentu yang telah ditetapkan dan dapat langsung melakukan koreksi terhadap data tersebut.

“Aplikasi e-Dabu Mobile merupakan salah satu inovasi terbaru BPJS Kesehatan untuk meningkatkan kepuasan peserta JKN-KIS. Dengan adanya aplikasi e-Dabu Mobile ini, badan usaha dipermudah untuk urusan administrasi kepesertaan program JKN-KIS bagi karyawannya, sehingga lebih cepat dan praktis dalam proses pengecekan data maupun perubahan data kepesertaan pekerjanya. Untuk mengakses aplikasi ini cukup mudah, hanya dengan mengunduh pada google playstore di handphone,” jelas Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan, dan Pemeriksaan Kepesertaan BPJS Kesehatan Cabang Karawang, Ega Indriati.

Ega mengakui bahwa banyaknya badan usaha di sebagai wilayah cakupan BPJS Kesehatan Cabang Karawang, e-Dabu merupakan solusi paling efektif bagi badan usaha. Aplikasi besutan BPJS Kesehatan ini memberikan 5 fitur yaitu Fitur Cek Peserta, Fitur Riwayat Pembayaran, Fitur Data Mutasi, Fitur Tren Pembayaran, dan Fitur Konten Kesehatan. Dengan fitur-fitur tersebut badan usaha dapat memeriksa data kepesertaan karyawannya, melihat riwayat pembayaran iuran per tahunnya, melihat rekap jumlah data mutasi, serta tren pembayaran iuran badan usaha. Aplikasi e-Dabu Mobile memberikan tampilan yang simple namun lengkap sehingga sangat mudah diakses oleh badan usaha.

BPJS Kesehatan Cabang Karawang sendiri telah melakukan sosialisasi e-Dabu Mobile secara bertahap kepada seluruh badan usaha yang ada di Kabupaten Karawang dan Purwakarta. Salah satu peserta sosialisasi e-Dabu Mobile yang hadir yaitu dari PT Summit yang diwakili oleh Section Head, Nova. Dirinya pun mengungkapkan apresiasinya terhadap BPJS kesehatan atas inovasi terbaru tersebut.

“Aplikasi e-Dabu Mobile ini tentunya sangat membantu dan memudahkan saya sebagai HRD jika sedang tidak berada di kantor. Sangat bermanfaat sekali karena dapat diakses dimana saja, dan kapan saja. Terima kasih untuk BPJS Kesehatan yang telah melakukan inovasi ini, semoga terus dapat berinovasi untuk meningkatkan pelayanan Program JKN-KIS,” ucap Nova.(BS/vk)