29 Jul 2020
  |  
Dilihat : 24 kali

BPJS Kesehatan Dekatkan Diri ke Peserta JKN-KIS Dengan Goes To Customer

Bandung Barat, Jamkesnews - Sebagai badan hukum publik yang diamanahkan menyelenggarakan program Jaminan Kesehatan Nasional untuk mendatangkan manfaat yang seluas-luasnya kepada masyarakat Indonesia, BPJS Kesehatan senantiasa melakukan upaya-upaya untuk memberikan pelayanan berkualitas prima kepada seluruh masyarakat peserta JKN-KIS. Seperti kegiatan “BPJS Kesehatan Goes to Customer” yang dilakukan di Kabupaten Bandung Barat, di aula kantor Desa Nanggerang, Kecamatan Cililin, Rabu (29/07).

“Salah satu faktor yang yang dapat mempengaruhi kepuasan Peserta JKN-KIS adalah pengetahuan peserta tentang mekanisme pemanfaatan program JKN-KIS serta saluran untuk memperoleh informasi serta menyampaikan pengaduan. Kita memahami kondisi bahwa sebagian peserta JKN-KIS memiliki kendala keterbatasan waktu dan jarak dalam mengakses kanal layanan yang disediakan oleh BPJS Kesehatan. Kegiatan Goes to Costumer ini dilakukan untuk memberi solusi atas kendala tersebut,” tutur Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Sugeng Susilo di sela-sela pemaparan materi.

Sugeng menambahkan, hingga saat ini masih cukup banyak masyarakat yang belum mengetahui hak dan kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS serta prosedur penggunaan kartu kepesertaan JKN-KIS. pPada kesempatan itu, Sugeng memanfaatkan untuk menjelaskan mengenai aplikasi Mobile JKN dan fitur-fitur apa saja yang ada di dalamnya.

“Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi Mobile JKN dengan manfaat dan kemudahan apa saja yang diberikan oleh MobileJKN maka peserta tidak perlu datang ke kantor cabang jika ingin memperbaruhi identitas, perubahan faskes, melihat riwayat pelayanan, catatan pembayaran bagi peserta individu dan bagi peserta yang lupa atau kartunya hilang peserta bisa memanfaatkan KIS digital,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut salah satu peserta kegiatan, Siti Aminah menyampaikan bahwa ia dan seluruh masyarakat sangat mengapresiasi BPJS Kesehatan yang telah melaksanakan kegiatan sosialisasi seperti ini dan rutin memberikan informasi kepada masyarakat.

“Masih cukup banyak masyarakat peserta BPJS Kesehatan  yang belum tahu tentang cara penggunaan KIS ini. Dengan digelarnya kegiatan sosialisasi dari BPJS Kesehatan ini, tentu sangat membantu menambah pemahaman dan wawasan masyarakat dalam memanfaatkan Kartu Indonesia Sehat,” tutur Siti.

Menurutnya, diharapkan dengan hadirnya BPJS Kesehatan ini yang telah memberikan sosialisasi kepada masyarakat secara rutin baik langsung maupun tidak langsung, warga bisa paham dan mengetahui cara menggunakan JKN-KIS untuk memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan kententuan dan prosedur yang berlaku, sehingga masyarakat tidak terkendala pada saat berobat ke FKTP atau rumah sakit. (BS/dh)