29 Jul 2020
  |  
Dilihat : 24 kali

Kembali Zona Merah, BPJS Kesehatan Pekanbaru Konsisten Terapkan Protokol Kesehatan

Pekanbaru, Jamkesnews - Kota Pekanbaru kembali masuk red zone Covid-19. Warga Kota Pekanbaru diminta disiplin terapkan protokol kesehatan, seperti tetap menggunakan masker, jaga jarak, hingga hindari kerumunan. Tak terkecuali Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru yang sejak ditetapkannya status pandemi secara global, tetap konsisten terapkan protokol kesehatan bagi peserta yang berkunjung ke kantor hingga kini.

Diakui Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Wilya Astriani, kunjungan kantor mengalami penurunan selama pandemi. Layanan peserta yang tidak memerlukan sesi tatap muka, dapat dialihkan ke sistem informasi digital seperti situs resmi BPJS Kesehatan, Care Center 1500400, atau aplikasi Mobile JKN.

"Selama pandemi ini kami tak hanya menerapkan protokol kesehatan tapi juga sistem pelayanan terbatas, apalagi mengingat Pekanbaru kembali zona merah. Tentunya hal ini dilakukan dalam rangka mengindahkan protokol kesehatan dan memutus mata rantai penyebaran virus (Covid-19 - red). Peserta yang berkunjung sudah dipastikan melakukan sanitasi tangan secara mandiri melalui depot air yang kami sediakan. Kemudian mendapatkan pemindaian suhu tubuh oleh petugas sekuriti. Meja pelayanan pun sudah dilengkapi dengan pembatas transparan. Pelayanan terbatas sebagian besar terdapat pada segmentasi Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang belum dapat diakomodir oleh kanal digitalisasi kami. Untuk peserta lain, seperti kebutuhan akan informasi tagihan, informasi pelayanan, perubahan data, hingga pendaftaran baru, dapat mengakses Care Center 1500400 dan aplikasi Mobile JKN," terang Lia.

Lia juga menyampaikan bahwa dalam rangka komitmen pelayanan tahun 2020, pihaknya mengembangkan saluran informasi praktis lainnya yakni Chika dan Vika. Chika merupakan layanan chat yang terdapat pada Facebook Messenger, Telegram dan WhatsApp melalui nomor 08118750400. Sementara Vika adalah voice interaktif yang menyambut peserta saat peserta menggunakan layanan Care Center 1500400.

Seorang peserta segmentasi Peserta Penerima Upah (PPU), Selfia Enita (62) mengaku sangat terbantu setelah petugas sekuriti mengedukasi dirinya perihal aplikasi Mobile JKN. Dengan maksud mengalihkan kepesertaan anaknya, Selfia mulanya mengunjungi Kantor BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru.

"Dari rumah saya bermaksud ingin merubah kepesertaan anak saya dari tanggungan orang tua ke mandiri. Namun betapa mudahnya saat mengetahui itu bisa dilakukan melalui aplikasi. Jadi tidak perlu bertatap muka di counter. Petugas sekuriti juga sangat disiplin dan sopan. Tetap menerapkan protokol dengan sangat baik kepada peserta. Memang protokol kesehatan itu harus dilakukan secara bersama agar Pekanbaru dapat keluar dari zona merah ini," ungkap Selfia. Ibu rumah tangga yang tinggal di daerah Tampan-Pekanbaru ini pun dapat segera meninggalkan kantor setelah urusannya selesai.