29 Jul 2020
  |  
Dilihat : 53 kali

BPJS Kesehatan Gelar Utilisasi Review Tingkatkan Komitmen Pelayanan FKTP

Sukabumi, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi menggelar Pertemuan Utilisasi Review (UR) Pelayanan Primer FKTP Mitra BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi di Sukabumi, Rabu (29/07). Kegiatan tersebut dilakukan untuk mengoptimalkan pemberian layanan kesehatan dasar yang sesuai dengan standar pelayanan medik.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Sukabumi Dwi Ayu Larasati menyampaikan bahwa pemaparan UR yang disampaikan kepada pihak Dinas Kesehatan dan FKTP Mitra yang hadir merupakan review pelaksanaan pelayanan kesehatan yang telah dilakukan selama semester I Tahun 2020, yang menjadi acuan bagi FKTP untuk lebih memaksimalkan fungsi pelayanan medis non spesialistik di tahun 2020.

“Diharapkan dari pertemuan ini dapat meningkatkan komitmen FKTP dan sistem rujukan berjenjang dapat berjalan optimal serta kualitas layanan di FKTP dapat semakin baik,” ujar Dwi.

Ia menambahkan, komitmen tersebut juga dioptimalkan dengan peningkatan upaya input data layanan peserta di Aplikasi Pcare agar data UR yang diperoleh dapat memberikan gambaran yang sesuai dengan kondisi sebenarnya, serta perbaikan capaiannya.

Senada dengan Dwi, Kepala Puskemas Sukaraja Kabupaten Sukabumi Hardi mengatakan bahwa dalam pelaksanaannya, pihaknya masih menemukan adanya kendala saat proses penginputan. namun, pihaknya berkomitmen untuk terus berupaya mengoptimalkan aplikasi dan mengerahkan petugas untuk melakukan perekaman riwayat pelayanan pasien dengan optimal.

“Adapun kendala yang kami hadapi saat proses input tersebut akan kami tindaklanjuti secepatnya dengan mengupayakan bridging aplikasi dan mengerahkan petugas untuk melakukan perekaman riwayat pelayanan pasien dengan optimal,” kata Hardi.

Hardi juga menambahkan bahwa kedepannya perlu diadakan pertemuan koordinasi antara FKTP dengan Rumah Sakit untuk menyamakan pemahaman mengenai sistem pelayanan berjenjang sebagai upaya  dan kerjasama dari semua pihak untuk selalu memberikan pelayanan terbaik kepada peserta JKN-KIS dan mendukung optimalisasi pelaksanaan Program JKN-KIS. 

Seperti yang telah diketahui pelayanan kesehatan di FKTP merupakan pelayanan kesehatan non spesialistik yang meliputi administrasi pelayanan, pelayanan promotif dan preventif, pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis, tindakan medis non spesialistik (operatif dan non operatif), pelayanan obat dan bahan medis habis pakai, transfusi darah sesuai dengan kebutuhan medis, pemeriksaan penunjang diagnostik laboratorium tingkat pratama, serta rawat inap tingkat pertama sesuai dengan indikasi medis. (BS/ne)