28 Jul 2020
  |  
Dilihat : 15 kali

BPJS Kesehatan Edukasi Warga Desa Madukoro Lewat PIL

Kotabumi, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi kembali gelar kegiatan Pemberian Informasi Langsung (PIL) yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Desa Madukoro, Selasa (28/07). Sosialisasi yang dihadiri oleh Badan Pembina Desa (Babinsa) Madukoro, Polsek Kotabumi Utara, Kepala Desa Madukoro dan aparat desa lain beserta 70 warga desa Madukoro ini bertujuan untuk memberikan edukasi dan informasi terkini terkait Program JKN-KIS.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Kotabumi, Meivy Yanti yang ditemui di kesempatan berbeda mengatakan pihaknya telah memastikan sosialisasi berjalan sesuai dengan protokol kesehatan selama pandemi Covid-19.

“Untuk lokasinya sendiri kami telah berkoordinasi dengan aparat desa agar sosialisasi diadakan di tempat yang sekiranya memungkinkan peserta sosialisasi saling menjaga jarak minimal 1 meter. Peserta yang hadir wajib menggunakan masker dan kami juga menyediakan tempat cuci tangan portable dan hand sanitizer,” ujar Meivy.

Di samping itu, Kepala Desa Madukoro, Johan Andri Yanto mengapresiasi kegiatan sosialisasi yang diadakan oleh BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kotabumi hari ini. Ia menyebut, informasi yang diberikan oleh BPJS Kesehatan diharapkan mampu memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait Program JKN-KIS, sehingga permasalahan-permasalahn yang dirasakan oleh masyarakat dapat terjawabkan setelah mereka mendapatkank informasi langsung.

“Saya berterima kasih atas kesediaan BPJS Kesehatan melakukan sosialisasi di desa kami. Saya bersyukur kegiatan berjalan tertib dan lancar. Informasi yang diberikan oleh petugas tadi sangat bermanfaat bagi warga desa,” tutur Johan.

Johan juga berharap kedepannya kegiatan ini dapat diselenggarakan kembali di Desa Madukoro. Selain memberikan informasi terkait hak dan kewajiban peserta JKN, prosedur pelayanan kesehatan dan ketentuan terbaru dalam Program JKN-KIS, disampaikan juga kanal-kanal layanan lain yang dapat diakses oleh peserta JKN-KIS dimana saja yaitu melalui aplikasi Mobile JKN, Chika dan Vika serta BPJS Kesehatan call center 24 jam 1 500 400.

Salah satu peserta sosialisasi, Nur merasa senang menghadiri sosialisasi yang diadakan oleh BPJS Kesehatan. Dirinya mengaku mendapatkan banyak wawasan setelah sebelumnya ia sering menerima informasi yang kurang tepat dari orang-orang di sekitarnya tentang berbagai ketentuan dalam Program JKN-KIS.

“Masih banyak info yang simpang siur tentang BPJS Kesehatan, hal ini cukup membuat saya kebingungan. Tapi dengan diadakannya sosialisasi ini pertanyaan-pertanyaan saya terjawab sudah, apalagi karena informasi ini diberikan oleh petugas BPJS Kesehatan jadi sudah pasti infonya dapat dipertanggungjawabkan,” kata Nur. (FR/rk)