28 Jul 2020
  |  
Dilihat : 16 kali

BPJS Kesehatan Goes To Customers Sambangi Desa Surya Indah Kabupaten Pelalawan

Surya Indah, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru sambangi Desa Surya Indah dalam kegiatan BPJS Kesehatan Goes To Customers (GTC) pada Senin (27/07) kemarin. GTC sendiri merupakan upaya BPJS Kesehatan dalam menjalin sambung rasa dan temu peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) hingga ke pelosok negeri. Tak hanya itu, GTC juga menghadirkan sosialisasi program JKN-KIS sebagai wadah sarana tanya jawab bagi peserta dalam terselenggaranya program JKN-KIS di lapangan.

Kepada 47 peserta yang hadir, Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Pekanbaru, Wilya Astriani, mengungkapkan program ini sempat terhenti saat pandemi Covid-19. Meski kondisi belum sepenuhnya kembali normal seperti sebelum Covid-19 menyerang, pihaknya tetap menerapkan protokol kesehatan baik kepada penyelenggara dan peserta GTC, semata-mata demi memberikan pelayanan yang optimal kepada masyarakat khususnya peserta dalam hal informasi dan pengaduan peserta.

"Kami akan berupaya untuk selalu memberikan pelayanan prima kepada peserta. Apalagi melihat antusias peserta yang hadir. Artinya segala informasi dan penanganan pengaduan atas pelaksanaan program JKN-KIS ini di lapangan selalu diharapkan peserta. Sehingga kami pun siap untuk melakukan sosialisasi edukasi dan penanganan pengaduan di lapangan," terang Lia, sapaannya sehari-hari.

Selain itu, lanjut Lia, BPJS Kesehatan juga mengembangkan sistem layanan berbasis teknologi yang sudah terintegrasi sistem seperti skema antrean online di fasilitas kesehatan yang dapat diakses peserta melalui aplikasi Mobile JKN. Ada juga display informasi ketersediaan tempat tidur rawatan di rumah sakit yang sistemnya juga sudah terkoneksi dengan Mobile JKN, dan dashboard jadwal antrean tindakan operasi agar peserta bisa melihat secara transparan dan mendapat kepastian.

Hadir pula pada kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengawas Desa (BPD) Desa Surya Indah, Bambang dan Kepala Desa Surya Indah, Nanda Roliska. Nanda menyambut baik upaya BPJS Kesehatan dalam memberikan edukasi kepada peserta ini. Senada dengan Nanda, Bambang juga mengungkapkan apresiasinya terhadap upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan. Menurutnya, program Pemerintah ini sangat baik dan sangat bermanfaat bagi masyarakat sehingga perlu pula mendapat dukungan dari semua pihak termasuk peserta program JKN-KIS sendiri. Dengan GTC, mampu meningkatkan pemahaman peserta terhadap program sehingga persepsi positif dan yakin akan program JKN-KIS ini.

"Program ini benar sangat membantu. Saya sekeluarga sudah menjadi peserta sejak 2014 dan anak-istri saya sudah pernah menerima manfaat program JKN-KIS dan tidak ada iur biaya sepersen pun. Jadi, kegiatan GTC ini sangat baik agar masyarakat terinformasi dengan baik, sehingga saat dibutuhkan, masyarakat dapat menggunakannya dengan tepat. Tadi juga disampaikan ada Care Center 1500400 yang bisa diakses saat masyarakat menemukan kesulitan saat mengakses pelayanan JKN-KIS," terangnya. 

Bambang juga aktif mengedukasi peserta baik secara langsung maupun tidak langsung salah satunya melalui status aplikasi WhatsApp yang dimilikinya. Bambang juga berharap BPJS Kesehatan dapat secara konsisten melakukan GTC atau kegiatan sejenis demi meningkatkan pemahaman dan partisipasi positif peserta terhadap program JKN-KIS. Apalagi kini sudah banyak kanal yang dapat digunakan peserta untuk mengakses informasi atau pelayanan seperti Care Center 1500400, aplikasi Mobile JKN, situs resmi BPJS Kesehatan hingga Chika dan Vika.