28 Jul 2020
  |  
Dilihat : 13 kali

Aplikasi e-Dabu Mobile Permudah Badan Usaha

Sumedang, Jamkesnews – BPJS Kesehatan terus menghadirkan inovasi guna memberikan kemudahan akses bagi seluruh masyarakat. Baru-baru ini BPJS Kesehatan juga meluncurkan e-Dabu dalam versi mobile, yang dikembangkan untuk memberikan kemudahan ekstra bagi badan usaha dalam mengakses data pekerjanya.

Sebelumnya, BPJS Kesehatan sudah merilis sebuah aplikasi bernama Elektronik Data Badan Usaha (e-Dabu) sejak Juni Tahun 2020 untuk memudahkan badan usaha dalam mengurus kepesertaan Program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) pekerjanya. Aplikasi e-Dabu ini memiliki fitur seperti cek data kepesertaan, tambah dan edit data kepesertaan, upload massal, approval, laporan rekap iuran, serta cetak kartu dan cetak tagihan.

“Pemberi kerja maupun HRD tak perlu lagi menghabiskan banyak waktu untuk mengantre di kantor BPJS Kesehatan setempat karena hanya perlu menggunakan aplikasi tersebut,” tutur Kepala Bidang Perluasan Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Sumedang Gilang Yoga Wardanu, Selasa (28/07).

Dengan adanya aplikasi e-Dabu yang baru memberikan nuansa yag berbeda pada kemudahan akses yang dapat dirasakan oleh badan usaha. Kini, aplikasi e-Dabu bisa langsung diakses melalui smartphone tanpa harus menggunakan komputer dan menyita waktu banyak untuk mengaksesnya.

"Keunggulan dari e-Dabu versi sebelumnya, e-Dabu Mobile ini lebih praktis karena bisa diakses lewat smartphone. Jika e-Dabu versi sebelumnya, harus menggunakan laptop atau PC. Jadi sekarang HRD perusahaan dan pemberi kerja bisa lebih praktis menggunakannya," katanya.

Ia menambahkan, aplikasi e-Dabu merupakan sebuah inovasi yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan sebagai bukti dari komitmen untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada peserta terutama ke badan usaha, kemudahan akses serta kepraktisan pelayanan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Pada kesempatan yang sama, HRD perusahaan Kahatex Nonot Daryono mengatakan dengan adanya aplikasi e-Dabu telah memberikan kemudahan bagi badan usaha untuk mengurus data kepesertaan pekerjanya ke dalam Program JKN-KIS. Apalagi dengan adanya aplikasi yang dapat diakses melalui smartphone, ia mengaku sangat menantikan untuk mengaksesnya, terlebih dirinya akan merasa dimudahkan dalam mengurus data kepesertaan pekerjanya.

“Aplikasi e-Dabu Mobile membantu kami selaku PIC dan HRD badan usaha dalam mengakses data karyawan sehingga pada saat hari libur kami bisa cek sendiri data pekerja tanpa harus menghubungi Relationship Officer BPJS Kesehatan tanpa harus membuka komputer untuk mengakses data peserta," tutur . (kh/ak)