28 Jul 2020
  |  
Dilihat : 30 kali

Tingkatkan Mutu Pelayanan FKTP, BPJS Kesehatan Waingapu Gelar Evaluasi Dengan FKTP

Waingapu, Jamkesnews - Sebagai bentuk komitmen menjaga pelayanan Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) kepada Peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Waingapu bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur menggelar kegiatan monitoring dan evaluasi pelayanan primer dan sosialisasi Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 02 Tahun 2020 tentang Prosedur Penjaminan Pelayanan Refraksi dan Kacamata pada FKTP dalam Program Jaminan Kesehatan, Selasa (28/07).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Waingapu Alfonsus Daniel mengatakan hingga saat ini BPJS kesehata terus mengoptimalkan pelayanan yang diberikan oleh fasilitas kesehatan kepada masyarakat. Hal tersebut didukung dengan adanya aplikas antrean online yang nantinya akan diintegrasikan ke dalam Mobile JKN, sehingga akan membuka akses pelayanan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan.

“BPJS Kesehatan telah menyiapkan aplikasi antrean online dan mulai menerapkan sistem antrean online dengan menghubungkannya pada aplikasi Mobile JKN di FKTP, sehingga diharapkan kedepannya mampu memberikan kepastian pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” jelas Alfonsus.

Alfonsus menambahkan, bahwa FKTP yang akan menerapkan antrean online berdasarkan jumlah peserta terbanyak dan berdasarkan ketersediaan jaringan komunikasi data (JARKOMDAT) di Puskesmas, Klinik Pratama dan DPP yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Kasie Pelayanan Primer Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Timur Rambu Umbu Djima mengatakan kesiapannya dalam penerapan aplikasi tersebut. Pihaknya menyebut akan terus mendorong seluruh fasilitas kesehatan, khususnya FKTP untuk menyediakan sarana dan prasarana yang dapat menunjang antrean online. 

“Kami mendorong Puskesmas, Klinik dan Dokter Keluarga yang sudah ada jarkomdat untuk menyediakan sarana pendukung implementasi antrian online, melakukan entry Pcare hingga tuntas dan percepatan penyerahan Pakta Integritas sebagai dasar pembayaran kapitasi settiap bulan,” ujarnya.

FKTP yang telah mengimplementasikan antrian online di wilayah Sumba ini antara lain Klinik Pratama Caesar Medika, Klinik Pratama Larisa, Puskesmas Melolo, Puskesmas Kawangu dan Puskesmas Lewa (FKTP Kab. Sumba Timur) serta Puskesmas Watukawula (FKTP Kab. Sumba Barat Daya).

“Besar harapan kami, FKTP lain dapat segera mengimplementasikan antrean online dalam pelayanan sehingga dapat meningkatkan mutu pelayanan kepada peserta JKN-KIS,” tutup Alfonsus.

Kegiatan ini dihadiri oleh 32 FKTP dengan total peserta sebanyak 70 peserta yang terdiri Puskesmas, Klinik dan DPP yang berkerjasama dengan BPJS Kesehatan wilayah Kabupaten Sumba Timur. Kegiatan ini dilakukan tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dengan mengatur tempat duduk, mengukur suhu tubuh dan menyediakan hand sanitizer serta semua peserta menggunakan masker. (DM/dn)