24 Jul 2020
  |  
Dilihat : 13 kali

BPJS Kesehatan Edukasi Anggota Lembaga Ombudsman DIY

Yogyakarta, Jamkesnews – Guna meningkatkan pemahaman tentang Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta mengedukasi anggota Lembaga Ombudsman DIY (LOD), Jumat (24/07). Lewat kegiatan BPJS Kesehatan Goes to Customer, diharapkan para anggota LOD bisa lebih mengerti akan hak dan kewajiban sebagai peserta JKN-KIS.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti mengatakan, sosialisasi kepada anggota LOD perlu dilakukan karena lembaga ini merupakan lembaga yang sering berhubungan dengan masyarakat khususnya keluhan atau permohonan informasi terkait pelayanan publik. Tak terkecuali mengenai Program JKN-KIS.

“Masyarakat seringkali menyampaikan keluhan mengenai pelayanan Program JKN-KIS kepada LOD. Sebagian besar karena kurang pahamnya masyarakat tentang program ini, sehingga kami harapkan LOD bisa menjembatani kami dengan masyarakat,” katanya.

Dia menjelaskan, edukasi yang dilakukan kepada anggota LOD juga sebagai langkah meningkatkan pemahaman Peserta JKN-KIS. Pasalnya, anggota LOD menjadi salah satu segmentasi kepesertaan dalam Program JKN-KIS. Ia juga menerangkan soal kepesertaan JKN-KIS, pelayanan peserta, hak dan kewajiban peserta, manfaat pelayanan kesehatan hingga informasi terbaru dari BPJS Kesehatan. Tak lupa, juga ia mengenalkan aplikasi Mobile JKN kepada para anggota LOD.

Antusiasme peserta cukup bagus dalam mengikuti sosialisasi tersebut. Beberapa ada yang bertanya tentang manfaat pelayanan kesehatan dan fasilitas kesehatan. Oleh BPJS Kesehatan diterangkan secara rinci manfaat apa saja yang dijamin dan tidak dijamin serta fasilitas kesehatan mana saja yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta.

Sementara itu, Ketua LOD Suryawan Raharjo mengaku sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan BPJS Kesehatan. Dia tertarik dengan materi yang diberikan karena menambah wawasan dan pengetahuannya tentang Program JKN-KIS. Ke depan, dia berharap BPJS Kesehatan dan LOD selalu bersinergi dan berkoordinasi dalam rangka menyukseskan Program JKN-KIS ini.

“Ada dua hal yang saya dapatkan dari kegiatan ini. Pertama, sebagai warga negara yang mendapat kepastian jaminan kesehatan dan sebagai LOD kami perlu dibekali dengan informasi terbaru tentang Program JKN-KIS untuk memberikan pelayanan optimal kepada masyarakat,” tegasnya.(ma/dw)