24 Jul 2020
  |  
Dilihat : 19 kali

BPJS Kesehatan Singkawang dan Prodia Gelar Pemeriksaan Pasien DM dan HT

Singkawang, Jamkesnews - Untuk meningkatkan kualitas kesehatan dari peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis), BPJS Kesehatan Singkawang bersama Prodia melaksanakan pemeriksaan rutin tahunan kepada peserta yang tergabung dalam program Prolanis dan PRB di Puskesmas Pemangkat, Senin (27/07).

Kepala Puskesmas Pemangkat Uray Parida dalam pembukaannya menyampaikan kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta yang tergabung dalam klub PRB Prolanis untuk menilai kondisi kesehatan peserta.

“Kita perlu bersyukur bahwa BPJS Kesehatan memiliki program pemeriksaan rutin ini mengingat penyakit diabetes dan hipertensi perlu dikontrol secara rutin untuk mengetahui perkembahan kesehatan pasien,” ungkap Parida.

Pada kesempatan yang sama, staf promotif preventif BPJS Kesehatan Cabang Singkawang Nuricca mengatakn kegiatan rutin yang dilakukan BPJS kesehatan ini bertujuan untuk melihat bagaimana kualitas kesehatan yang dimiliki oleh masyarakat, khususnya yang tergabung ke dalam Prolanis. Selain itu, ia menyebut bahwa kegiatan rutin tersebut juga akan dilaksanakan di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) lain di wilayah Singkawang, Bengkayang dan Sambas.

“Mengingat banyaknya peserta yang memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi, kegiatan ini rencananya akan hadir di faskes-faskes lain diwilayah Singbebas sehingga kita dapat mengevaluasi perkembangan atau perubahan status kesehatan peserta,” ungkap Nuricca.

Peserta PRB Prolanis yang mengikuti kegiatan pemeriksaan bersama Prodia ini sejumlah 16 orang yang menderita diabetes militus dan hipertensi. Salah satu peserta kegiatan Nurhayati (68th) menyampaikan dirinya sangat antusias dalam mengikuti pemeriksaan.

“Saya mengikuti kegiatan pemeriksaaan ini sudah yang ke tiga kalinya dan saya bersyukur dengan adanya pemeriksaan ini saya bisa mengetahui perkembangan kondisi penyakit saya,”ungkap Nurhayati.

Nurhayati menambahkan dirinya sangat berterimakasih kepada BPJS Kesehatan dan pihak terkait serta berharap kegiatan ini akan terus ada mengingat penitingnya pemeriksaan rutin terhadap peserta yang memiliki riwayat penyakit diabetes dan hipertensi.  (FR/oo)