26 Jun 2020
  |  
Dilihat : 46 kali

BPJS Kesehatan Mengajar Disambut Antusias Peserta Prolanis

Biak Numfor, Jamkesnews - Dalam rangka meningkatkan pemahaman Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan peserta Program Pengelolaan Penyakit Kronis (Prolanis) terhadap dinamika kebijakan dan regulasi Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor melaksanakan kegiatan “BPJS Kesehatan Mengajar” secara daring, Kamis (25/06).

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Veni Permata Widjaja mengatakan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini bertujuan untuk mengoptimalkan pengetahuan dan pemahaman petugas FKTP dan peserta Prolanis terhadap regulasi JKN-KIS.

"Selain untuk mendukung pelaksanaan HUT BPJS Kesehatan ke-52 tahun 2020, juga untuk mendorong FKTP dan peserta Prolanis untuk mengingat dan memperbarui pengetahuan sehingga diperoleh pemahaman yang baik tentang Program JKN-KIS dan dapat memberikan transfer knowledge kepada rekan kerja di FKTP maupun peserta Prolanis yang lain," ujar Veni.

Pelaksanaan kegiatan “BPJS Kesehatan Mengajar” disambut antusias oleh peserta Prolanis maupun perwakilan FKTP. Kemudian dilanjutkan ujian online yang dikemas dalam tema Knows and Win yang diberikan kepada peserta yang hadir.

”Saya juga berharap materi ini tidak hanya sampai di sini, namun peserta juga dapat menyebarluaskannya, baik ke sesama petugas di FKTP ataupun kepada peserta Prolanis yang tidak sempat hadir, agar kita bersama-sama paham betul tentang Program JKN-KIS,” tambah Veni.

Ana Hamidatul (50), salah satu peserta JKN-KIS yang ikut dalam Prolanis Puskesmas Biak Kota, mengaku sangat tertarik dengan kegiatan ini.

“Kegiatan seperti ini sangat bermanfaat apalagi bagi saya yang sudah menjadi peserta Prolanis sejak lama. Pengetahuan saya jadi lebih luas lagi tentang JKN-KIS, mudah-mudahan bisa saya teruskan juga ke kerabat saya nantinya,” ungkap Ana.

Hal yang senada juga diucapkan oleh Lisnah, penanggung jawab Prolanis Puskesmas Biak Kota, yang mengatakan bahwa kegiatan Knows and Win sangat baik sekali karena dapat menambah wawasan dan menambah pembelajaran bagi FKTP dalam memberikan pelayanan kepada peserta JKN-KIS, khususnya peserta Prolanis.

“Selain itu, tidak hanya dari petugas FKTP saja, namun peserta prolanis yang terdaftar di masing-masing FKTP, sehingga peserta yang terdaftar sebagai JKN-KIS mengetahui apa hak, kewajiban dan manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari kegiatan program promotif dan preventif BPJS Kesehatan,” tambah Lisnah. (TR/as)