23 Jun 2020
  |  
Dilihat : 60 kali

Puskesmas Ilugwa Siap Bantu BPJS Kesehatan Wamena Distribusikan Kartu JKN-KIS

Wamena, Jamkesnews – Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena bersama tim berkunjung ke Puskesmas Ilugwa kabupaten Mamberamo Tengah untuk mendistribusikan sejumlah Kartu Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), Selasa (23/06). Kartu-kartu ini ditujukan bagi peserta yang namanya telah terdaftar di Dinas Dukcapil dan sudah mempunyai Nomor Induk Kependudukan (NIK).

"Kartu JKN-KIS wajib dimiliki karena sebagai indentitas diri peserta yang dijaminkan kesehatannya oleh pemerintah ketika berobat di Puskesmas maupun di rumah sakit sehingga dapat dijamin oleh BPJS Kesehatan. Oleh karenanya, masyarakat wilayah Kabupaten Mamberamo Tengah harap memastikan sudah mempunyai kartu JKN-KIS yang aktif," kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Wamena Freda Yanne Imbiri mengingatkan.

Ia juga mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan Puskesmas Ilugwa untuk mendistribusikan sejumlah kartu JKN-KIS agar dibagikan kepada warga masyarakat yang telah terdaftar dan mempunyai NIK.

"Kami berharap semoga kartu JKN-KIS yang didistribusikan dapat bermanfaat bagi masyarakat untuk berobat di Puskesmas. Kami juga berharap agar fasilitas yang telah disediakan dari Puskesmas dapat menjadi sarana penunjang bagi kesembuhan para peserta JKN-KIS yang datang untuk berobat di Puskesmas Ilugwa," kata Freda.

Sementara itu Kepala Puskesmas Ilugwa, Yagolina Yagoli, mengatakan bahwa pihaknya akan berupaya untuk berkoordinasi dengan kepala kampung maupun aparat desa untuk mendata warganya untuk mendapatkan Kartu JKN-KIS sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya masing-masing.

"Untuk fasilitas kesehatan, kami telah berupaya untuk melengkapi sarana dan prasarana seperti Alat Pelindung Diri (APD) bagi tenaga medis. Kemudian tempat tidur bagi peserta atau pasien umum yang menjalani pengobatan rawat inap dan juga perlengkapan medis khususnya dalam menangani peserta yang dirawat sesuai kebutuhannya. Tujuannya adalah agar pasien yang tengah dirawat di Puskesmas maupun pasien rawat jalan dapat terlayani dengan baik," terangnya. (TR/fs)