20 Mei 2020
  |  
Dilihat : 301 kali

BPJS Kesehatan Kumpulkan Dana Sukarela Dari Pegawai, Bantu Masyarakat Terdampak Covid -19

Gresik, Jamkesnews – Di tengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19), banyak masyarakat yang merasakah dampaknya, salah satunya dampak finansial. Melihat situasi dan kondisi tersebut, BPJS Kesehatan Cabang Gresik tergerak untuk menyalurkan bantuan berupa sembako kepada masyarakat sekitar melalui program BPJS Kesehatan Peduli, Rabu (20/05).

Pejabat Pengganti Sementara (Pps.) Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cabang Gresik, Farida Isnaini menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meringankan beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19.

“Dana yang kami kumpulkan ini berasal dari dana sukarela seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Gresik. Kami ingin membantu masyarakat yang mengalami kesulitan ekonomi akibat adanya pandemi Covid-19 ini. Paket sembako ini berisikan bahan-bahan pangan yang dibutuhkan sehari-hari”, ujar Ida.

Ida juga menyampaikan bahwa bantuan tersebut dibagikan kepada sejumlah kecamatan yang berada di Kabupaten Gresik dengan target sasaran penerima bantuan antara lain, pengayuh becak, pemulung, yatim piatu, petugas parkir, dan panti asuhan. Pembagian ini tentunya tetap memperhatikan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

“Sebelumnya kami sudah petakan titik-titik daerah pembagian sembako dan penerimanya. Kami sebar dengan merata di Daerah Kabupaten Gresik, kemudian ada untuk 1 panti asuhan di daerah Giri. Duta BPJS Kesehatan yang bertugas membagikan tentunya harus tetap menggunakan masker dan menjaga jarak untuk tetap menjaga physical distancing,” sebut Ida.

Ida juga sangat mengapresiasi seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Gresik yang telah berbagi kepedulian terhadap sesama di tengah wabah dan sekaligus berbagi di bulan Ramadhan.

“Saya juga sangat bersyukur, seluruh tim kerja saya yang sangat antusias untuk bersama-sama meringankan beban masyarakat yang membutuhkan bantuan,” tegasnya.

Ida juga menghimbau kepada masyarakat untuk tetap mematuhi aturan Pemerintah selama masa Pandemi Covid-19. Mulai dari menggunakan masker, rajin mencuci tangan, dan menjauhi kerumunan massa. Hal itu tentunya untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 dan demi kesehatan bersama.

Salah satu penerima bantuan Kaseri, warga Dusun Sawahan, Desa Gedang Kulut, Cerme, Gresik ini mengungkapkan rasa syukurnya kepada Tuhan atas bantuan yang diberikan melalui BPJS Kesehatan. Menurut Kaseri, bantuan yang diterimanya sangat berarti bagi ia dan keluarganya yang sedang mengalami kesulitan apalagi di tengah pandemi Covid-19 ini.

“Sehari-hari kami bekerja tidak menentu dan penghasilan juga tentunya tidak jelas. Semakin sulit bertahan hidup apalagi di tengah situasi seperti sekarang ini. Semua aktifitas dibatasi, sehingga kami juga terbatas mencari nafkah dan memilih berdiam diri di rumah agar dijauhkan juga dari penularan virus Corona. Saya sangat berterima kasih atas bantuan ini, ini sangat bermakna bagi kami yang sedang kesulitan ini,” jelas Kaseri.

Kaseri lantas berharap agar seluruh Duta BPJS Kesehatan Cabang Gresik bisa terus dapat menebarkan hal-hal positif bagi masyarakat sekitar. (ar/qa)