19 Mei 2020
  |  
Dilihat : 63 kali

PERKUAT SINERGI, BPJS KESEHATAN ADAKAN FORKEM DENGAN PEMKAB REJANG LEBONG DENGAN METODE VICON

Curup, Jamkesnews – BPJS Kesehatan tetap konsisten mengikuti arahan Pemerintah terkait pembatasan kontak secara fisik atau yang dikenal dengan istilah physical distancing. Kali ini BPJS Kesehatan Cabang Curup menggagas pertemuan Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong dengan menggunakan metode video conference.

Di tengah pandemi yang sedang melanda dunia, BPJS Kesehatan Cabang Curup dengan para pemangku kepentingan utama di Pemda Kabupaten Rejang Lebong tetap melaksanakan kegiatan ini demi terselenggaranya Program JKN-KIS yang lebih baik.

“Kiranya keadaan kita di tengah pandemi sekarang ini, tidak mengurangi semangat kita dalam menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Walau memang saya yakin pasti banyak sekali kegiatan yang tertunda, tapi saya tetap berharap kegiatan dalam penyelenggaraan kesehatan di Kabupaten Rejang Lebong tetap berjalan dengan baik. Oleh sebab itu saya mengajak semua kita yang hadir pada video conference kali ini untuk tetap bersama memantau dan mengambil bagian kita masing-masing dengan baik.” ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Rejang Lebong R.A. Deni.

Kegiatan Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan ini dilaksanakan pada 19 Mei 2020.

Adapun fokus dari Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan ini adalah sebagai wadah bersama untuk membahas tentang cakupan kepesertaan JKN-KIS di Kabupaten Rejang Lebong, dukungan Pemda Rejang Lebong terhadap terlaksananya Program JKN-KIS serta khusus membahas tentang perkembangan pandemi virus Covid-19 di Kabupaten Rejang Lebong. Mengingat BPJS Kesehatan telah diberikan amanah untuk melaksanakan verifikasi klaim akibat virus Covid-19 ini.

“Saya juga meminta kesediaan kita yang hadir pada saat ini untuk bersama secara aktif memantau kasus Covid-19 ini di Kabupaten Rejang Lebong sehingga bisa dengan cepat dapat ditangani. Untuk saat ini tidak ada kasus, kita berharap sampai pandemi ini berakhir, Kabupaten Rejang Lebong tetap dalam zona hijau,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Novi Kurniadi selaku Kepala BPJS Kesehatan Kantor Cabang Curup juga mengapresiasi para pihak yang mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS ini.

“Kami ingin menyampaikan ucapan terima kasih kami atas perkenannya untuk dapat menghadiri Forum Kemitraan Pemangku Kepentingan Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong pada hari ini melalui video conference. Berbeda dengan yang sebelumnya, kegiatan ini kita lakukan di kantor kita masing-masing tanpa ada pertemuan tatap muka secara langsung. Tujuannya semata demi mengindahkan anjuran pemerintah untuk menghindari penyebaran virus Covid-19 ini. Semoga tindakan yang kita lakukan ini dapat membantu Pemerintah menekan angka penyebarannya,” ujar Novi.

Diakui Novi memang bukan perkara yang mudah melaksanakan kewajiban yang selama ini sudah dilaksanakan tetapi dengan dukungan semua pihak yang terlibat semoga kewajiban tersebut bisa dilaksanakan dengan baik.

“Saya rasa kita semua setuju bahwa masa-masa seperti ini bukanlah masa yang mudah, tapi kita bisa tetap saling bersilaturahmi melalui kemajuan teknologi zaman sekarang. Melalui teknologi dan komunikasi, masing-masing dari kita dapat membantu terselenggaranya Program JKN-KIS dengan baik walau tanpa harus turun langsung. Berharap kita tetap bisa berkoordinasi dengan baik walau di tengah pandemi seperti ini," ujarnya. (RW/ds)