18 Mei 2020
  |  
Dilihat : 30 kali

Tidak Bisa Keluar Rumah Karena Corona? Tenang Saja Akses Info Seputar JKN KIS Dengan CHIKA

Prabumulih, Jamkesnews – Saat ini masyarakat diimbau untuk tidak melakukan aktivitas di luar rumah atau di rumah aja karena sedang mewabahnya Covid – 19 (Corona Virus Disease 19). BPJS Kesehatan kini memberikan kemudahan bagi Peserta JKN-KIS dengan menghadirkan CHIKA yaitu kanal pemberian informasi bagi calon peserta dan peserta JKN-KIS yang dapat diakses secara mandiri tanpa perlu datang ke kantor BPJS Kesehatan.

“CHIKA merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui CHIKA ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat. CHIKA dapat diakses melalui Facebook Messenger di akun BPJSKesehatanRI, melalui aplikasi Telegram di https://t.me/BPJSKes_bot, atau melalui Whatsapp di 08118750400” kata Kepala Cabang Prabumulih Yunita Ibnu kepada tim Jamkesnews (18/05).

Yunita mengatakan BPJS Kesehatan selalu mendukung anjuran dan instruksi pemerintah guna mencegah dan melawan Corona Virus Disease – 19 (COVID-19).

“Aplikasi Chika ini juga sangat cocok untuk kaum millenial yang rata-rata bermain di media sosial. Dengan adanya kanal-kanal pelayanan yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan, diharapkan peserta JKN-KIS dapat melakukan pelayanan secara mandiri tanpa harus datang ke kantor BPJS Kesehatan,” kata Yunita.

Suprayitno (35) salah satu peserta JKN-KIS yang telah merasakan manfaat dari fitur-fitur yang disediakan oleh BPJS Kesehatan dalam mendukung Social Distancing.

“Layanan Chika ini mudah sekali dimengerti, tidak susah dan yang terpenting, di sini pasti bisa digunakan masyarakat karena gampang dan responnya sangat cepat. Apalagi saat kita sedang diimbau untuk tetap di rumah karena pandemi corona, jadi pasti mau tidak mau kita harus mengurangi kunjungan ke Kantor BPJS Kesehatan,” katanya.

Informasi mengenai Program JKN-KIS sekarang jadi lebih mudah karena sudah tersedia di media sosial seperti Facebook Messenger, melalui akun resmi BPJS Kesehatan, Telegram serta Whatsapp di nomor 08118750400 tanpa harus menunggu lama sistem akan langsung menjawab permintaan peserta JKN-KIS,” tutup Suprayitno. (RW/df)