14 Mei 2020
  |  
Dilihat : 18 kali

TOLITOLI KRISIS ALAT PELINDUNG DIRI, BPJS KESEHATAN TURUT BERIKAN BANTUAN

Tolitoli, – Jamkesnews, Di tengah masa pandemic Covid-19 , Kabupaten Tolitoli juga termasuk daerah yang terdampak virus corona ini. Sempat menjadi zona hijau di bulan April lalu tetapi saat berita ini diturunkan sudah menjadi 9 orang yang positif covid -9.

 

Perubahan status ini memaksa pemerintah daerah untuk melakukan bermacam upaya untuk mencegah agar wabah ini tidak menyebar lebih jauh lagi, seperti melakukan screening terhadap masyarakat yang diduga termasuk dalam Orang Dalam Pemantauan (ODP).

 

Sayangnya ,standar protokol dalam screening tersebut kadang tidak bisa dilakukan secara sempurna dikarenakan jumlah alat pengaman diri yang sudah menipis persediaannya dikarenakan proses pengadaan dan massivenya perkembangan  kasus covid 19 di Tolitoli.

 

BPJS Kesehatan sebagai salah satu mitra Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli tidak tinggal diam , dengan  berinisiatif melakukan pengadaan Alat Pelindung Diri (APD) secara swadaya oleh para pegawai BPJS Kesehatan KC Palu, khususnya di Kantor Kabupaten Tolitoli.

 

Bantuan ini diserahkan  langsung oleh Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Tolitoli kepada Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli bertempat di Ruang Kepala Dinas Kesehatan pada Rabu, 13 Mei 2020.

 

“Terima kasih kami ucapkan untuk BPJS Kesehatan yang turut berpartisipasi dan mendukung kami dalam menyediakan alat pengaman diri, dimana sangat dibutuhkan untuk petugas di lapangan mengingat semakin banyaknya kasus yang harus di tracing penyebarannya, tentu APD yang dibutuhkan juga tidak sedikit” ungkap Bakri Idrus selaku Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tolitoli.

 

Selain bantuan APD, Fitri Choiruddin selaku kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Tolitoli menambahkan adanya kerjasama  tentang pemberian data komorbid pasien di Tolitoli dimana langsung disambut baik oleh Bakri. “Kebetulan memang kami membutuhkan data tersebut untuk dapat kami mapping dan dapat sebagai acuan untuk strategi penanganan covid 19 ini’’ imbuh Bakri disaat menerima data sekaligus penandatangan Perjanjian Kerjasama dan Berita Acara Penyerahan Data dan Informasi Terkait Aksi Tanggap Pandemi Covid 19.

 

Tolitoli merupakan wilayah kerja dari BPJS Kesehatan Kantor Cabang Palu dimana mempunyai 1 RS  dan 22 Faskes tingkat Pertama, dengan Jumlah penduduk sebesar 218.385 Jiwa dan 99.54% dari Jumlah Penduduk merupakan peserta JKN KIS.