12 Mei 2020
  |  
Dilihat : 14 kali

Kejaksaan Negeri Belitung Siap Bantu BPJS Kesehatan Lindungi Hak Kesehatan Para Pekerja

Tanjung Pandan, Jamkesnews – Ditengah merebaknya pandemi virus Covid-19 di Indonesia tidak mampu menghalangi BPJS Kesehatan beserta pemangku kepentingan untuk melaksanakan Forum Koordinasi Pengawasan dan Pemeriksaan Kepatuhan yang digelar di Ruang Aula Kejaksaan Negeri Belitung (11/05). Kegiatan yang digelar melalui video conference merupakan upaya bersama untuk menerapkan physical distancing atau pembatasan jarak dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

Kegiatan yang diikuti oleh Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Kepala Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Perindustrian Kabupaten Belitung, Kepala Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Belitung beserta jajaran. Selain itu, juga dihadiri oleh Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang dan Kepala Bidang Perluasan, Pengawasan dan Pemeriksaan Peserta secara terpisah dari kantor BPJS Kesehatan di kota Pangkalpinang.

Kepala Kejaksaan Negeri Belitung, Ali Nurudin mengatakan kegiatan yang dilangsungkan melalui video conference tersebut bertujuan untuk evaluasi dan sinergi antara anggota forum koordinasi pengawasan dan pemeriksaan kepatuhan BPJS Kesehatan sehingga pelaksanaan pendataan badan usaha yang memiliki kewajiban iuran JKN-KIS dan tingkat kepatuhan badan usaha sebagai pemberi kerja dapat diketahui. “Maksud dan tujuan diadakan kordinasi tim forum ini untuk mensinergikan para anggota tim dalam melaksanakan pendataan badan usaha yang memiliki kewajiban iuran BPJS Kesehatan. Selain itu untuk mengetahui tingkat kepatuhan hukum atas kewajibannya tersebut," ujarnya.

Menurutnya, Kejaksaan dalam melaksanakan fungsinya sebagai Jaksa Pengacara Negara mempunyai peran dalam memberikan bantuan hukum terhadap kelancaran pelaksanaan kepatuhan pendaftaran kepesertaan JKN-KIS maupun dalam hal pembayaran iuran. “Kami siap memberikan bantuan hukum kepada BPJS Kesehatan jika ada badan usaha yang tidak patuh. Ini penting dalam rangka memberikan perlindungan dan hak-hak kesehatan bagi tenaga kerja," ungkapnya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pangkalpinang, Angga Firdauzie menyebut keberlangsungan Program JKN-KIS dapat dipengaruhi oleh tingkat kepatuhan dari seluruh lapisan masyarakat, dimana kepatuhan badan usaha merupakan salah satunya. "Walaupun keterbatasan untuk bertatap muka secara langsung di tengah pandemi Covid-19, tidak mengurangi semangat bapak dan ibu untuk tetap dapat berkoordinasi dan bersinergi di forum ini. Kami dari BPJS Kesehatan menyampaikan apresiasi atas komitmen dan dukungannya sehingga kepatuhan badan usaha dapat ditingkatkan, karena kepatuhan badan usaha turut memberikan dampak kepada penyelenggaraan Program JKN-KIS," ujar Angga.

Angga mengatakan BPJS kesehatan tidak sendiri dalam melakukan pendataan badan usaha karena di dukung baik oleh Dinas Penanaman Modal, PTSP dan Perindustrian Kabupaten Belitung maupun Dinas Koperasi UKM Perdagangan dan Tenaga Kerja Kabupaten Belitung.  Selain itu, ia juga menyampaikan pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan di tengah masa pandemi Covid-19. “Meskipun pandemi covid-19 sedang melanda berbagai wilayah di Indonesia, pelayanan yang diberikan BPJS Kesehatan kepada peserta harus tetap optimal sehingga masyarakat tetap bisa terlayani dengan baik.” tutupnya. (RW/sa)