11 Mei 2020
  |  
Dilihat : 19 kali

BPJS Kesehatan Tondano : Peserta tetap dirumah dan Kami Mengudara Melalui Radio

Tomohon-Jamkesnews. Untuk lebih meningkatkan layanan kepada masyarakat dalam bentuk pemberian informasi seputar JKN-KIS di tengah pandemi covid-19, BPJS Kesehatan terus berupaya untuk berinovasi dalam menyampaikan informasi kepada peserta, seperti yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan Cabang Tondano yang bekerjasama dengan Radio Sion Tomohon yang menggelar talkshow seputar JKN-KIS. ( 24/06).

Kepala BPJS Kesehatan cabang Tondano, Doni Jembar Daefuddin saat membuka diskusi menyampaikan bahwa dalam kondisi penyebaran wabah Covid-19 saat ini pelayanan BPJS Kesehatan tetap berjalan, namun sifatnya terbatas,  hal ini dilakukan untuk tetap memberikan perlindungan kepada peserta, petugas dan  masyarakat pada umumnya.

"Tujuan pemberlakuan layanan terbatas adalah untuk memberikan perlindungan kepada para peserta dan petugas layanan di kantor cabang yang ada di BPJS Kesehatan tanpa mengurangi kualitas pelayanan kepada peserta dan masyarakat yang membutuhkan," ungkap doni

“Bagi peserta yang membutuhkan layanan administrasi yang tidak bersifat urgent, saat ini kami terus mengedukasi terkait kebijakan layanan terbatas kepada Peserta yang datang ke Kantor BPJS Kesehatan agar dapat mengakses kanal layanan digital JKN-KIS melalui Aplikasi Mobile JKN, Chat dan Voice Assistant CHIKA dan VIKA serta menghubungi Care Center 1500400 yang memberikan kemudahan akses informasi  setiap saat’ jelas Doni kepada Tim Jamkesnews

Doni juga menuturkan bahwa BPJS Kesehatan  punya peran yaitu diberikan tugas  oleh Pemerintah  untuk memverifikasi klaim pelayanan kesehatan  pasien Covid-19 di rumah sakit, kriteria pasien yang dapat diklaim biaya perawatannya adalah pasien yang sudah terkonfirmasi positif Covid-19, pasien dalam pengawasan (PDP) dan orang dalam pemantauan (ODP).

“Tentu BPJS Kesehatan sangat siap melaksanakan penugasan ini. Pengalaman melaksanakan verifikasi klaim yang akuntabel, transparan sesuai dengan prinsip good governance, sudah menjadi hal yang wajib dilakukan oleh BPJS Kesehatan khususnya selama mengelola Program JKN-KIS.” tambah doni

Dalam kesempatan yang sama  Ivana palit selaku penyiar radio sangat mengapresiasi upaya dan tindakan yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan. Menurutnya upaya ini menjadi wujud nyata bahwa program JKN tetap hadir walau dalam kondisi wabah covid-19, dengan jangkauan radio sioan yang bisa menjangkau wilayah minahasa raya maka semua informasi ini dapat diterima oleh pendengar di wilayah tersebut dan dapat bermanfaat bagi masyarakat luas.” tuturnya.

 Dengan hadirnya wabah ini semoga dapat memberikan pelajaran bagi kita semua akan pentingnya kesehatan dan menjaga pola hidup sehat. Karena kunci dalam penyebaran virus ini adalah dengan kedua hal tersebut. Maka dengan ini kami menghimbau semua masyarakat agar patuh dan taat akan himbauan pemerintah. Mari bergotong royong hentikan virus corona.