11 Mei 2020
  |  
Dilihat : 15 kali

Aplikasi Mobile JKN BPJS Kesehatan bisa di gunakan kapan saja dan dimana saja

Boalemo, Jamkesnews - Ada banyak yang menyarankan untuk berjemur di bawah sinar matahari saat merebaknya penyebaran pandemi virus corona COVID-19. Ternyata, berjemur di bawah sinar matahari mempunyai banyak manfaat kesehatan, salah satunya meningkatkan daya tahan tubuh.

Paparan sinar matahari membantu tubuh memproduksi vitamin D secara alami. Vitamin D diketahui sangat penting untuk kesehatan. Vitamin D yang dihasilkan sinar matahari berperan besar dalam kesehatan tulang. Berdasarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), mendapatkan 5 hingga 15 menit sinar matahari pada lengan, tangan, dan wajah dalam kurun 2 sampai 3 kali seminggu sudah cukup untuk memperoleh vitamin D.

Salah satu pegawai BPJS Kesehatan Kabupaten Boalemo Moh. Syahrul Kaku menyempatkan waktu sebentar  untuk berjemur dihalaman kantor dan secara kebetulan di datangi oleh Affandi Ashar (38) Pekerja dari Perusahaan Swasta dari Kecamatan Paguyaman, merupakan Peserta JKN-KIS yang datang ke kantor sekitar pukul 09.55 dan kemudian ikut bersama-sama berjemur juga sambil berdiskusi tentang Manfaat Berjemur di Bawah Sinar Matahari Saat Pandemi Pada Covid-19.

“Berjemur dibawah sinar matahari berlebih dapat berkontribusi pada kanker kulit, akan tetapi sinar matahari dalam jumlah yang proporsional (sedang) sebenarnya memiliki manfaat pencegahan kanker, dimana mereka yang tinggal di daerah dengan jam siang lebih sedikit lebih mungkin untuk memiliki beberapa kanker spesifik dari pada mereka yang tinggal di tempat yang lebih banyak sinar matahari pada siang hari, “ujar Affandi.

Sambil berjemur, Affandi menyampaikan tujuannya dari ke Kantor BPJS Kesehatan yaitu mengurus proses perubahan fasilitas kesehatannya serta tata cara pendaftaran Peserta Mandiri bagi orang tuanya.

 “Pelayanan yang di layani oleh Petugas BPJS Kesehatan di Kantor adalah layanan pengaduan yang membutuhkan penyelesaian segera antara lain pelayanan bagi peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) meliputi perubahan data peserta PBI  (Identitas, FKTP dan pendaftaran bayi baru lahir) dan bagi peserta non PBI pelayanan kepesertaan pada peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera di fasilitas kesehatan, “jelas Syahrul.

Syahrul pun menjelaskan tentang kegunaan Aplikasi Mobile JKN yang dikeluarkan oleh BPJS Kesehatan yang di download melalui handphone, dimana salah satunya merupakan kebutuhan Affandi saat ini terkait perubahan Fasilitas Kesehatan dan Pendaftaran Peserta Mandiri melalui Aplikasi Mobile JKN ini.

“Ternyata sangat mudah dan jelas pelayanan yang diberikan oleh pegawai BPJS Kesehatan, saya tidak perlu masuk kedalam kantor dan bisa dilakukan di rumah saja dengan mengakses aplikasi Mobile JKN ini karena BPJS Kesehatan sudah menghadirkan aplikasi Mobile JKN untuk menjawab hampir semua kebutuhan peserta, “Ujar Affandi. 

“Di samping itu dengan adanya aplikasi Mobile JKN seluruh pelayanan administratif BPJS Kesehatan yang biasanya dilakukan di Kantor Cabang atau Fasilitas Kesehatan dapat diakses melalui aplikasi yang dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, “tegas Syahrul.

Panas matahari yang akan meningkatkan imun tubuh merupakan salah satu upaya untuk mencegah terpaparnya virus covid-19 masuk kedalam tubuh kita, mari kita hindari paparan virus ini dengan kita memaparkan tubuh kita dibawah panasnya matahari pagi. “Biarpun virus covid-19 ini berlalu, mari kita tetap komitmen untuk selalu luangkan waktu berjemur di pagi hari, “tambah Affandi.

 

 “Terima kasih BPJS Kesehatan sudah membuat aplikasi Mobile JKN yang memberi manfaat banyak ke Peserta apalagi dengan adanya pandemi pada covid-19, sehingga benar-benar kita menjalankan social distancing, “tutup Syahrul. (LG/iu)