08 Apr 2020
  |  
Dilihat : 14 kali

Lawan Covid-19, Puskemas Perawatan Siko Implementasikan Antrian Online

Ternate, Jamkesnews – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan wabah virus corona Covid-19 sebagai pandemi global. Pada 2 Maret 2020, Pemerintah Indonesia mengumumkan dua orang pertama yang terinfeksi corona, dan jumlah pasien yang positif terinfeksi terus bertambah semenjak itu. Masyarakat yang semula tenang pun mulai gelisah. Pemerintah secara serius menyikapi wabah ini dengan membentuk Gugus Tugas Nasional Penanggulangan Virus Corona dan aktif melakukan edukasi kepada publik terkait upaya pencegahan penyebaran covid-19 ini.

Meningkatnya kasus Covid-19 di Indonesia tidak serta merta membuat semangat pelayanan kesehatan kepada pasien menjadi luntur. Terbukti, ditengah wabah yang masih melanda Bangsa Indonesia, Fasilitas Kesehatan masih tetap beroperasi serta membuat pelayanan menjadi semakin mudah.

Sebagai ujung tombak pencegahan penyebaran virus corona, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) mempunyai peran yang sangat penting. Salah satunya adalah secara aktif melakukan Sosialisasi dan Edukasi kepada masyarakat  untuk menjaga pola hidup yang bersih dan sehat.

Puskesmas Perawatan Siko sebagai salah satu Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan Kantor Cabang Ternate, berkomitmen dalam menghadirkan pelayanan yang lebih cepat pada masa tanggap Covid-19 dengan memanfaatkan Antrian Online yang terintegrasi dengan fitur pada Aplikasi Mobile JKN.

Pengembangan aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan secara cepat dan mudah, dimanapun dan kapanpun. Tambahan fitur tersebut memberikan kemudahan bagi peserta untuk mengetahui informasi profil FKTP dan dokter secara lengkap,yang meliputi jadwal praktik dokter di FKTP serta jadwal kontak online masing masing dokter. Selain itu, dokter yang memanfaatkan Aplikasi Mobile JKN ini bisa mengetahui seluruh data peserta terdaftar di FKTP dan riwayat jaminan kesehatan yang pernah diterima serta data peserta yang terdaftar sebagai peserta PRB dan peserta Prolanis.

“Antrian Online saat ini sudah jalan dan terintegrasi dengan aplikasi Mobile JKN dari BPJS Kesehatan. Kami menyambut baik dengan adanya sistem ini. Sangat memudahkan peserta dan juga memudahkan Fasilitas Kesehatan. Kami dapat memantau kondisi kesehatan peserta.” Ujar Kepala Puskesmas Perawatan Siko, Dokter Masita saat ditemui.

Selain penerapan antrian online, Puskesmas Perawatan Siko juga membuat Aplikasi Chatting melalui media WhatsApp (WA) dan SMS guna kemudahan masyarakat dalam melakukan pendaftaran dan konsultasi ke puskesmas tersebut. Dokter Masitah saat di konfirmasi mengatakan inovasi ini guna meningkatkan pelayanan saat masa tanggap Covid-19 dan komitmen Puskesmas Perawatan Siko dalam pemberian pelayanan yang lebih mudah dan cepat untuk masyarakat Kota Ternate.

Wati, Salah seorang Peserta JKN-KIS yang tengah melakukan pemeriksaan kesehatan anaknya di Puskesmas Siko saat ditemui menyatakan apresiasi terhadap penambahan fitur tersebut. "Alhamdulilah sudah ada antrian online. kami dapat mengetahui jadwal praktik dokter dan jadwal kontak online dokter. Hal tersebut sangat memudahkan kami.  Terima kasih kepada BPJS Kesehatan dan Puskemas Siko". Tutupnya. (tm/ap)