24 Mar 2020
  |  
Dilihat : 117 kali

Hindari Keramaian, Urus JKN-KIS Di Banda Aceh Lewat Mobile JKN dan Care Center

Banda Aceh, Jamkesnews – Semakin mewabahnya penyebaran Virus Corona (Covid–19) membuat kekhawatiran tersendiri bagi semua orang, termasuk berpergian ke tempat keramaian seperti untuk melakukan pengurusan di tempat pelayanan publik. Untuk mengantisipasi semakin meluasnya penyebaran virus tersebut, BPJS Kesehatan memberikan kemudahan dengan mengalihkan sementara pelayanan kepengurusan administrasi kepesertaan JKN-KIS melalui aplikasi Mobile JKN atau melalui Care Center BPJS Kesehatan 1500 400.

“Perlu kami informasikan bahwa masyarakat tidak perlu khawatir untuk pengurusan kepesertaan JKN-KIS ditengah penyebaran Virus Corona (Covid – 19) dengan tidak mendatangi tempat-tempat keramaian, pelayanan BPJS Kesehatan tetap dapat diakses dari rumah melalui aplikasi Mobile JKN yang dapat diunduh pada smartphone atau dapat menghubungi Care Center BPJS Kesehatan 1500 400,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Banda Aceh, Neni Fajar pada Senin (23/3) saat ditemui di ruang kerjanya.

Menurutnya, adapun pelayanan yang dapat diakes melalui Aplikasi Mobile JKN dan Care Center BPJS Kesehatan 1500 400 yaitu bagi peserta Non PBI dapat melakukan perubahan data peserta seperti alamat, nama dan identitas lainnya, termasuk dapat merubah Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) seperti puskesmas, klinik dan dokter praktik perorangan, pendaftaran peserta baru serta perubahan kelas rawat, penambahan anggota keluarga bagi peserta PBPU dan BP.

“Tujuan pengalihan pelayanan ke aplikasi Mobile JKN dan Care Center BPJS Kesehatan 1500 400 ini adalah untuk mengurangi kontak langsung antara satu sama lain dan mengurangi timbulnya keramaian karena seperti kita ketahui penyebaran Virus Corona ini sangat cepat jika berada dalam keramaian,” ungkapnya. 

Akbar, salah satu peserta PBPU (Mandiri) yang telah mengakses pelayanan melalui aplikasi Mobile JKN yang dihubungi terpisah menyampaikan antusiasnya dengan kemudahan yang diperoleh dengan mengakses pelayanan hanya melalui handphone tanpa harus keluar rumah.

“Sangat mudah dengan mengakses Mobile JKN di handphone saya dan pastinya mendukung yang dilakukan oleh BPJS Kesehatan untuk mencegah semakin meluasnya penyebaran Virus Corona yang saat ini sedang mewabah dengan mengalihkan pelayanan administrasi kepesertaan melalui aplikasi Mobile JKN dan Care Center BPJS Kesehatan 1500 400 dengan tetap di rumah, sehingga kami pun tidak terlalu was-was dan tidak harus pergi keluar rumah untuk mengurus kepesertaan JKN-KIS,” ucapnya. (rq)