Pamekasan, Jamkesnews – Inovasi terus dilakukan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS Kesehatan) untuk mempermudah peserta Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) menjangkau layanannya. Terbaru, Badan Publik yang ditunjuk untuk menyelenggarakan Program Jaminan Kesehatan Nasional itu memperkenalkan Chika atau kepanjangan dari Chat Asistant JKN. Chika merupakan sarana  pelayanan informasi dan pengaduan peserta JKN - KIS yang dapat diakses melalui media Facebook, telegram atau whatsapp.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Pamekasan Elke Winasari di kantornya pada Selasa (24/03) menjelaskan. Chika merupakan layanan dalam bentuk chatbot, atau layanan informasi yang secara otomatis direspon oleh sistem. Melalui Chika ini, peserta JKN–KIS dapat mengakses pelayanan untuk cek status peserta, cek tagihan, registrasi peserta, perubahan data fasilitas kesehatan, maupun informasi letak fasilitas kesehatan atau kantor BPJS Kesehatan terdekat.

“Untuk mengakses Chika ini ada tiga pilihan cara, yang pertama dengan Facebook Messenger akun melalui akun BPJS Kesehatan RI, lewat telegram BPJSKes_bot, atau melalui Whatsapp ke nomor 08118750400. Nantinya sistem yang langsung akan merespon apa yang menjadi kebutuhan dari peserta,” jelasnya.

Elke berharap, dengan bertambahnya kanal – kanal pelayanan peserta yang telah disediakan oleh BPJS Kesehatan ini, peserta JKN – KIS  dapat melakukan pelayanan secara mandiri tanpa harus ke Kantor BPJS Kesehatan.

“Untuk layanan – layanan yang bisa diakses secara mandiri, bisa memanfaatkan kanal pelayaan seperti Chika, Mobile JKN, ataupun care center 1500400 ini ya. Jadi tidak perlu ke Kantor BPJS Kesehatan, terlebih dengan kondisi saat ini (merebaknya virus Covid – 19 ) kita diharuskan untuk melakukan social distancing dan tetap berada di rumah,” imbuhnya.

Layanan Chika yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan ini diapresiasi oleh Budi Handoko. Mahasiswa asal Kecamatan Larangan Kabupaten Pamekasan itu mengungkapkan, inovasi Chika yang diluncurkan ini merupakan bukti bahwa BPJS Kesehatan terus mengikuti perkembangan tekhnologi untuk memberikan pelayanan kepada peserta.

“Sekarang rata – rata hampir semua orang terutama yang kalangan milenial pasti punya WA (Whatsapp) lah ya, jadi adanya Chika ini merupakan sesuatu yang sangat baik,” pungkasnya. (ar/tw)