24 Mar 2020
  |  
Dilihat : 174 kali

BPJS Kesehatan Biak Ajak Peserta Manfaatkan Layanan Digital Saat Sosial Distancing

Biak Numfor, Jamkesnews - BPJS Kesehatan telah menerapkan kebijakan khusus dalam rangka upaya pencegahan penyebaran virus corona. Kepala BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor Budi Sukwara mengatakan pihaknya juga turut melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona di lingkungan BPJS kesehatan, baik di kantor cabang maupun kantor-kantor kabupaten.

Budi menjelaskan bahwa dalam masa pencegahan virus corona saat ini pelayanan di kantor kabang tetap dilakukan walaupun terdapat beberapa alur pelayanan yang berubah. Selain itu, Budi menekankan bagi peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) yang ingin mendapatkan pelayanan, tetap dapat mengakses melalui layanan digital Mobile JKN atau menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

“Bagi peserta JKN-KIS maupun masyarakat yang tidak mau keluar rumah karena ingin melakukan social distancing dan membutuhkan pelayanan BPJS kesehatan, tidak perlu khawatir. Selain dapat memanfaatkan layanan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 atau Chat Assistant (Chika) JKN melalui Whatsapp/Telegram, peserta juga dapat memanfaatkan layanan yang ada dalam aplikasi Mobile JKN. Jadi cukup pake smartphone saja dari rumah, tinggal klik mau pelayanan jenis apa,” ujar Budi, Selasa (24/03).

Khusus untuk Mobile JKN, Budi mengimbau kepada peserta JKN-KIS maupun masyarakat yang ingin mengakses pelayanan kepesertaan JKN-KIS agar mengunduh aplikasi tersebut yang tersedia di Playstore dan Appstore. Melalui aplikasi tersebut, peserta dapat melakukan pendaftaran peserta baru, perubahan data kepesertaan (selain peserta PBI), pengecekan status keaktifan kepesertaan, pengecekan riyawat pembayaran iuran bagi peserta Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau peserta mandiri, penyampaian pengaduan, perpindahan lokasi FKTP serta riwayat pelayanan kesehatan yang dapat diakses langsung oleh peserta.

Pandu adalah salah satu peserta JKN-KIS yang sudah memanfaatkan kemudahan layanan aplikasi Mobile JKN untuk melakukan perubahan fasilitas kesehatan. Ia mengatakan bahwa aplikasi ini sangat memudahkan dirinya di kala berupaya mematuhi imbauan social distancing.

“Saya merasa terbantu sekali, karena di saat kondisi seperti ini BPJS Kesehatan sudah menyiapkan sarana yang memadai. Hanya dengan mengunduh aplikasi Mobile JKN, kita sudah bisa melakukan perubahan fasilitas kesehatan dan menikmati berbagai kemudahan layanan yang ada didalamnya," ujar Pandu.

Ia juga melihat bahwa BPJS Kesehatan Cabang Biak Numfor telah menerapkan social distancing untuk mencegah penyebaran virus corona. Meskipun adanya jarak antara petugas BPJS kesehatan dengan peserta, ia melihat bahwa petugas BPJS Kesehatan masih melayani dengan cepat dan tanggap. (TR/as)