23 Mar 2020
  |  
Dilihat : 56 kali

BPJS Kesehatan Kebumen Berlakukan Protokol Pencegahan Virus Corona

Kebumen, Jamkesnews – Virus corona yang sudah menyebar mendapat perhatian khusus dari berbagai kalangan. BPJS Kesehatan Kantor Cabang Kebumen menjadi salah satu instansi pemerintah yang melayani publik, turut melakukan berbagai upaya pencegahan. Salah satunya adalah penyemprotan disinfektan bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Kebumen.

“Penyemprotan dilakukan di seluruh ruangan yang ada di kantor dari lantai satu sampai lantai tiga. Protokol pencegahan virus corona ini kami lakukan karena penyebaran virus corona ini sangat cepat," ungkap Kepala BPJS Kesehatan Cabang Kebumen Wahyu Giyanto, Selasa (23/03).

Ia juga mengungkapkan bahwa upaya pencegahan penularan virus corona ini tidak hanya penyemprotan disinfektan saja, namun setiap tamu atau peserta yang masuk ke kantor harus melalui tahapan pemeriksaan suhu tubuh dengan thermo gun, kemudian peserta atau tamu tersebut diwajibkan untuk mencuci tangan dengan sabun pada tempat yang sudah disediakan.

"Setelah itu tamu atau peserta diperbolehkan untuk masuk ke pelayanan kantor dan untuk tamu diberikan ruang khusus untuk bertemu dengan pegawai," jelas Wahyu.

Wahyu mengatakan, pihaknya juga telah menyarankan masyarakat untuk memanfaatkan Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 1500 400 sehingga peserta tetap dapat dilayani tanpa harus melakukan kontak fisik dengan petugas untuk mengurangi resiko penyebaran virus corona. Pelayanan di kantor cabang terbatas bagi peserta yang membutuhkan pelayanan kesehatan segera/sedang dirawat di fasilitas kesehatan.

Kepala PMI Kabupaten Kebumen Sabar Irianto mengungkapkan PMI sangat mengapresiasi upaya yang sudah dilakukan BPJS Kesehatan Cabang Kebumen untuk mengantisipasi penularan virus corona di wilayah setempat. Dirinya mengimbau kepada masyarakat Kebumen untuk tidak melakukan kegiatan di luar rumah terlebih dahulu, dikarenakan penyebaran virus corona yang tidak dapat diprediksi.

"Kebersihan kantor dan rajin mencuci tangan menjadi salah satu hal yang wajib sebagai upaya preventif pada saat masa wabah virus corona ini,” ucapnya.

 (ma/rz)