Parepare, Jamkesnews – BPJS Kesehatan Cabang Parepare  melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona dengan melakukan penyemprotan cairan desinfektan di seluruh area kerjanya. Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare Muhammad Aras mengatakan penyemprotan desinfektan tersebut dilakukan sebagai upaya BPJS Kesehatan memberikan perlindungan terhadap kesehatan dan keselamatan pekerja maupun peserta JKN-KIS yang datang ke kantor.

“Penyemprotan ini dilakukan sebagai langkah kewaspadaan dan sebagai usaha meningkatkan kebersihan untuk mencegah penyebaran virus di lingkungan kantor. Dengan adanya penyemprotan desinfektan ini nantinya diharapkan dapat mencegah penyebaran corona virus sehingga layanan dapat berjalan lancar," kata Aras, Jumat (20/03).

BPJS Kesehatan Cabang Parepare juga menyiapkan upaya lainnya dalam mencegah penularan virus corona ini dengan menerapkan upaya pencegahan lain seperti pengecekan suhu tubuh di titik pintu masuk gedung kantor dengah menggunakan alat thermometer gun. 

"Setelah diukur suhu tubuh selanjutnya diminta untuk cuci tangan berbasis alkohol yang sudah disediakan di pintu masuk gedung dan menyediakan cairan hand sanitizer di beberapa tempat untuk digunakan oleh peserta JKN-KIS yang berkunjung," jelas Aras.

Hal ini, lanjutnya, dilakukan untuk memastikan bahwa peserta yang berkunjung memiliki kondisi badan yang sehat. Apabila suhu tubuh terdeteksi di atas 38° C maka pegawai atau peserta yang bersangkutan pun dianjurkan untuk segera memeriksakan kondisi tubuh ke fasilitas kesehatan dan tidak diperkenankan untuk memasuki gedung BPJS Kesehatan.

“Selain menyediakan handsanitizer juga dilakukan upaya lain dengan memberikan jarak tempat duduk baik antar peserta yang sedang antri maupun antar peserta dan petugas BPJS Kesehatan, serta petugas juga dilengkapi dengan masker," jelas Aras.

Salah satu peserta yang berkunjung, Syafrizal mengatakan sangat mengapresiasi upaya-upaya yang dilakukan BPJS Kesehatan Parepare. Ia mengaku terpaksa ke kantor BPJS Kesehatan Cabang Parepare karena ingin mengubah data kepesertaan dirinya dan keluarga.

"Menurut saya bagus sekali dan membuat peserta merasa lebih nyaman. Tadi sebelum masuk saya juga dicek suhu tubuh dan diarahkan menggunakan hand sanitizer. Ternyata tidak perlu ke kantor BPJS Kesehatan ya, buat mengurus administrasi. Tadi diarahkan oleh petugas untuk mengubah data cukup menggunakan aplikasi Mobile JKN," tuturnya.

 (HJ)