14 Feb 2020
  |  
Dilihat : 444 kali

RSUD KOTA PONTIANAK LAKSANAKAN KOMITMEN PENINGKATAN LAYANAN

Pontianak, Jamkesnews - Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat dan Lampung BPJS Kesehatan  Bona Evita bersama tim BPJS Kesehatan Cabang Pontianak kunjungi RSUD Kota Pontianak atau yang lebih dikenal dengan RS Sultan Syarif Muhammad Alkadrie pada Kamis (13/2).

Bona Evita bersama tim dalam kunjungan kerjanya memastikan kualitas layanan yang diberikan RSUD Kota Pontianak kepada masyarakat khususnya peserta peserta JKN-KIS. Bona memuji sistem antrean elektronik yang telah diterapkan RSUD Kota Pontianak sejak 2 tahun silam.

“Saya apresiasi luar biasa terhadap kualitas yang diberikan RSUD Kota Pontianak, antrean elektronik memberikan kepastian waktu layanan kepada peserta, sehingga peserta tidak perlu menunggu lama. RSUD Kota Pontianak juga telah secara transparan menerapkan display ketersediaan tempat tidur, hal ini membantu pasien terutama yang akan mendapatkan rawat inap,” tutur Bona.

Bona menambahkan BPJS Kesehatan terus melakukan inovasi demi peningkatan kualitas layanan kepada peserta salah satunya adalah integrasi sistem  rumah sakit dengan BPJS Kesehatan.  Sehingga cukup membuka aplikasi Mobile JKN peserta JKN-KIS telah dimudahkan untuk mengambil nomor antrean dan mengetahui ketersediaan tempat tidur yang ada di rumah sakit.

Selain itu BPJS Kesehatan menghadirkan petugas BPJS SATU! yang merupakan singkatan dari BPJS Kesehatan Siap Membantu, petugas akan siap membantu seluruh peserta yang sedang berkunjung ke rumah sakit.

“petugas BPJS SATU! menjalankan fungsi Penanganan Pengaduan Peserta Rumah Sakit (P3RS), petugas BPJS SATU!  hadir diseluruh Rumah Sakit mitra BPJS Kesehatan. Bagi peserta yang membutuhkan bantuan terkait informasi seputar penjaminan program JKN-KIS, jangan ragu untuk menghampiri petugas BPJS SATU!  yang menggunakan atribut khusus yaitu rompi SATU (Siap Membantu),” Jelas Bona.

Direktur RSUD Kota Pontianak Dokter Johnson menuturkan jika RSUD Kota Pontianak sangat mendukung program JKN-KIS dengan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk peserta JKN-KIS.

“Kami memiliki komitmen dan berbagai program untuk meningkatkan kualitas layanan kepada seluruh pengunjung RSUD Kota Pontianak, saat ini kami telah membuka layanan pagi dan sore hari bagi masyarakat pemegang kartu JKN-KIS. Hal ini merupakan salah satu inovasi kami agar pasien tidak mengantri terlalu lama saat akan mendapatkan penanganan rawat jalan,” jelas Johnson.

Saat ini BPJS Kesehatan mendorong Fasilitas Kesehatan untuk segera melakukan bridging Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit dengan Sistem Informasi BPJS Kesehatan. Diharapkan melalui satu aplikasi yaitu Mobile JKN, masyarakat khususnya peserta JKN-KIS akan dimudahkan dalam hal mendapatkan informasi faskes, ketersediaan tempat tidur, sampai mendaftar ke layanan kesehatan. Melalui sinergi dan semangat gotong-royong antara BPJS Kesehatan dan fasilitas kesehatan menjadikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat dan peserta JKN-KIS semakin berkualitas.(RV/yl).