13 Feb 2020
  |  
Dilihat : 524 kali

BPJS SATU! MEMBERIKAN INFORMASI ALUR PELAYANAN KESEHATAN YANG DIJAMIN JKN-KIS

Merauke, Jamkesnews - BPJS Kesehatan Cabang Merauke selalu berupaya untuk memberikan pelayanan terbaik kepada peserta dan masyarakat lewat upaya – upaya yang dilakukan seperti customer visit kepada pasien yang sedang terbaring di rumah sakit. Selain kunjungan juga dilakukan seperti pemberian informasi langsung kepada peserta dan mengecek status kepesertaan yang terdaftar pada Program JKN-KIS seperti halnya yang dilakukan oleh Petugas BPJS SATU!.

Pemberian informasi langsung kepada peserta ini berjalan sesuai dengan kesiapan untuk penerapan BPJS SATU! (Siap Membantu) yang telah dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia untuk melayani peserta dan penanganan pengaduan terintegrasi, serta mengelola informasi dan pengaduan rumah sakit sehingga diharapkan akan menambah pemahaman peserta lewat kehadiran BPJS SATU!

Saat ditemui tim BPJS SATU!, Rabu (12/02) di RSUD Merauke, Magdalena Lenti yang tengah terbaring lemah karena sakit dan sedang di temani putrinya kemudian menceritakan tentang pengalamannya saat berobat di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) dan akhirnya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Merauke untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut kepada tim BPJS SATU!

“Saya terdaftar sebagai peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang ditanggung oleh pemerintah sebagai Peserta JKN-KIS bersama keluarga saya. Saat berobat di Puskesmas, saya kemudian di rujuk ke RSUD Merauke untuk pemeriksaan kesehatan lebih lanjut. Setelah diperiksa di sana, saya divonis sakit gagal ginjal dan disarankan untuk menjalani hemodialisa (cuci darah) oleh dokter yang memeriksa,” ungkapnya

“Mendengar hal tersebut, saya memutuskan belum mau untuk menjalani cuci darah karena belum siap secara fisik untuk menjalani hal tersebut dan menurut saya cukup berat untuk dijalani. Jadi untuk sementara masih tetap mendapatkan perawatan dari petugas rumah sakit seperti obat-obatan dan lain-lain,” tambahnya.

Kepala Bidang Kepesertaan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan Cabang Merauke Yulisna C. Sahetapy mengungkapkan bahwa kehadiran kami tim BPJS SATU! tidak hanya untuk mengecek status kepesertaan dari pasien yang dirawat, namun sesuai komitmen bersama. Kami memberikan informasi tentang alur pelayanan kesehatan yang ditanggung oleh Program JKN-KIS, kami pun berharap semoga ibu cepat sembuh dan kembali berkumpul bersama keluarga.

“Dan kami pun berharap semoga semua dapat berjalan dengan baik, sehingga semua keputusan yang diambil itu untuk kebaikan ibu sendiri dan dengan adanya BPJS SATU! ini diharapkan agar peserta tidak lagi merasa kesusahan dalam mengakses informasi karena dapat bertanya langsung kepada petugas yang sedang mengunjungi setiap titik layanan di rumah sakit,"ujarnya. (TR/ds)