12 Feb 2020
  |  
Dilihat : 108 kali

BPJS Kesehatan Jelaskan Fitur Baru Mobile JKN ke Kader JKN

Yogyakarta, Jamkesnews - Untuk mempermudah mengedukasi masyarakat tentang informasi Program JKN-KIS, BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta mengundang seluruh Kader JKN yang beroperasi di wilayah Yogyakarta, Rabu (12/02). Terlebih, dengan adanya inovasi terbaru tentang sistem antrean elektronik yang dapat diakses oleh masyarakat di FKTP maupun di FKRTL, seluruh Kader JKn wajib untuk mengetahui dengan jelas agar dapat memberikan pemahamannya kembali kepada peserta JKn-KIS yang dibinanya.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Yogyakarta Dwi Hesti Yuniarti mengatakan peran Kader JKN sangat penting, terutama dalam hal memberikan edukasi kepada masyarakat untuk menjadi Peserta JKN-KIS dan membayar iuran tepat waktu. Salah satu kanal yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dan peserta adalah dengan aplikasi Mobile JKN.

“Ketika Kader JKN mengunjungi peserta maka dia wajib untuk mengedukasi dan menyosialisasikan Program JKN-KIS, mulai dari ajakan pendaftaran, pembayaran tepat waktu dan mengingatkan jika ada tunggakan. Termasuk apabila ada informasi terbaru tentang program ini. Nah, kebetulan ada fitur baru di Mobile JKN, jadi mereka wajib tahu juga sehingga tidak salah dalam menjelaskan kepada peserta,” katanya, Rabu (12/02).

Dia menjelaskan fitur baru yang ada dalam Mobile JKN, di antaranya sistem antrean elektronik baik di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) ataupun Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL), surat rujukan digital, display ketersediaan tempat tidur hingga adanya jadwal operasi. Fitur tersebut diharapkan mampu memberikan kemudahan bagi peserta JKN-KIS untuk mengakses pelayanan kesehatan di era JKN ini.

“Banyak informasi yang harus disampaikan kepada para Kader JKN, termasuk juga adanya simplifikasi pelayanan hemodialisa. Kami juga menerangkan kepada para kader, agar mereka memahami dan dapat memberikan penjelasan yang pasti kepada peserta JKN-KIS yang mereka bina,” jelasnya.

Kader JKN adalah orang-orang yang menjadi mitra BPJS Kesehatan untuk menjalankan sejumlah fungsi BPJS Kesehatan, antara lain fungsi pemasaran dan fungsi pengumpul iuran. Keberadaan Kader JKN pun diharapkan mampu mendorong masyarakat mendaftar menjadi peserta dan membayar iuran secara tepat waktu.

“Kami berterima kasih kepada para Kader JKN yang selama ini sudah membantu BPJS Kesehatan menyukseskan Program JKN-KIS. Inovasi dan gebrakan dari Kader JKN kami tunggu sehingga kinerjanya meningkat,’’ ungkap Hesti.

Dalam menjalankan fungsinya, Kader JKN ini diberikan Surat Tugas yang dikeluarkan oleh Kepala Cabang BPJS Kesehatan. Selain itu, mereka juga dilengkapi dengan aparatus, misalnya topi dan rompi serta tanda pengenal. Sehingga, Hesti berpesan agar masyarakat memperhatikan hal tersebut untuk menghindari penipuan atau oknum yang tidak bertanggung jawab

Salah satu Kader JKN Wahyuni menambahkan, sangat terbantu dengan adanya Aplikasi Mobile JKN. Pasalnya, dia lebih mudah untuk menjelaskan kepada peserta karena sudah tercantum dalam aplikasi tersebut.

”Sekarang ditambah lagi dengan inovasi atau fitur baru yang tentunya semakin memudahkan peserta,” ungkapnya.(ma/dw)