12 Feb 2020
  |  
Dilihat : 22 kali

Mudahkan Peserta JKN-KIS, Klinik Al Ikhlas 3 Terapkan Sistem Antrean Elektronik

Cimahi, Jamkesnews - Demi memberikan kemudahan terhadap peserta yang ingin mengakses pelayanan kesehatan, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan fitur baru yang terdapat dalam aplikasi Mobile JKN, yaitu fitur pendaftaran pelayanan antrean elektronik. Dengan adanya fitur antrean elektronik yang telah terintegrasi dalam aplikasi Mobile JKN, diharapkan mampu dimanfaatkan oleh seluruh FKTP maupun FKRTL dapat memberikan kemudahan akses kepada peserta JKN-KIS yang ingin mendapatkan pelayanan kesehatan.

Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Primer BPJS Kesehatan Cabang Cimahi Dian Arnaz mengatakan pihaknya saat ini sangat mengapresiasi FKTP yang telah memanfaatkan sistem antrean elektronik. Menurutnya, semakin banyak FKTP yang menerapkan sistem layanan antrean elektronik ini akan memudahkan peserta untuk mendapatkan nomor urut dan kepastian ketika membutuhkan pelayanan kesehatan.

“Kami mengapresiasi kepada FKTP yang telah mengimplementasikan antrean elektronik, dengan adanya antrean elektronik ini diharapkan peserta menjadi lebih mudah saat berobat ke FKTP. Peserta cukup mengambil nomor antrean secara online pada aplikasi Mobile JKN, selanjutnya peserta akan mendapat nomor antrean di FKTP sehingga tidak perlu menunggu waktu yang lama ketika berobat,” ujar Dian.

Dian menambahkan hingga saat ini, masih ada beberapa FKTP di wilayahnya yang masih belum menerapkan sitem antrean elektronik tersebut. Namun, pihaknya tidak tinggal diam. Dian mengaku ia akan teus mendorong kepada seluruh FKTP untuk segara mengintegrasikan sistem yang terdapat di FKTP dengan aplikasi Mobile JKN, sehingga masyarakat khususnya peserta JKN-KIS dapat mengakses antrean elektronik tersebut dan tidak perlu membuang waktu lama untuk mengambil nomor antrean.

"Hingga saat ini, kami akan terus mengupayakan seluruh FKTP yang berada di wilayah Cimahi agar mengintegrasikan sistem antrean elektroniknya kepada aplikasi Mobile JKN, sehingga masyarakat dapat terbantu untuk mendapatkn kepastian waktu ketika mereka ingin mengakses pelayanan kesehatan d Puskesmas ataupun klinik," tambah Dian.

Antrean elektronik merupakan salah satu komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan inovasi dalam meningkatkan pelayanan kepada peserta JKN-KIS. Dengan antrean elektronik menurut Dian, peserta mendapatkan kepastian dalam mengakses pelayanan kesehatan di FKTP, dan tidak perlu menunggu terlalu lama untuk mengambil nomor antrean, cukup menggunakan aplikasi Mobile JKN yang terdapat pada telepon seluler peserta.

Senada dengan apa yang dikatakan Dian, PIC Klinik Pratama Al Ikhlas 3 Kota Cimahi mengatakan bahwa dengan terintegrasinya sitem antrean elektronik milik FKTP dengan aplikasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan, ia mengaku bahwa setiap FKTP akan mendapatkan kemudahan dalam pengelolaan database kepesertaan. Menurutnya, dengan inovasi yang luar biasa ini, Klinik Pratama Al Ikhlas 3 Kota Cimahi telah merasakan perbedaan dalam antrean pasien di tempatnya bekerja.

“Karena sistem antrean elektronik ini sudah terhubung dengan aplikasi-aplikasi BPJS Kesehatan, kami (FKTP) pun juga lebih praktis dalam mengelola database pendaftaran peserta. Menurut saya ini suatu hal yang sangat modern ya. Tentunya dari segi pelayanan kami juga sangat bersyukur karena pasien tidak menumpuk dan kami juga dapat mengetahui jumlah pasien yang datang. Sejak kami menggunakan antrean elektronik, sudah tidak terjadi lagi antrean panjang,” jelas Anne.

Untuk menggunakan aplikasi Mobile JKN syaratnya sangat mudah, peserta hanya perlu mengunduh aplikasi melalui Google Playstore dan Apple Store. Setelah mengunduh aplikasi Mobile JKN dan terpasang di telepon seluler, hal pertama yang perlu dilakukan yakni melakukan registrasi atau pendaftaran. Pilih menu registrasi, kemudian isi setiap kolom yang tersedia sesuai dengan data anda. Pastikan pengguna punya satu surel (email) aktif karena setelah semua kolom diisi, sistem secara otomatis akan mengirim nomor verifikasi ke email tersebut. (BS/dh)