11 Feb 2020
  |  
Dilihat : 247 kali

DENGAN ANTREAN ONLINE, SEMUA JADI UNTUNG

Batam, Jamkesnews –  Tahun 2020 merupakan tahun Pelayanan dan Kepuasan Peserta bagi BPJS Kesehatan, dan salah satu upaya untuk meningkatkan kepuasan peserta adalah dengan membentuk sistem antrean online, sistem antrean online ini sudah mulai di terapkan di beberapa Fasilitas Kesehatan sejak bulan Januari 2020 termasuk Wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Batam

Dalam fitur antrean Online dalam fitur Mobile JKN peserta dapat mengisikan keluhan yang dirasakan  dan mendapatkan nomor antrean, yang hebatnya lagi  peserta juga bisa melihat berapa sisa antrean yang belum mendapatkan pelayanan jadi peserta dapat memperkirakan kedatangannya ke Fasilitas Kesehatan tersebut. Untuk saat ini, fitur antrean Online ini hanya berlaku apabila Fasilitas Kesehatan tempat peserta terdaftar telah menerapkan sistem antrean online..

sampai denga, 11 februari 2020, sudah ada 43 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) yang  menerapkan sistem antrean online ini. Salah satunya adalah Klinik Alam Sehat yang berlokasi di Ruko Taman Raya Blok D No 12 Batam Centre RT/RW 04/20 Kota Batam, yang sudah mulai menerapkan sistem antrean online melalui aplikasi Mobile JKN.

Untuk peserta yang ingin menggunakan sistem antrean online ini harus mengunduh Aplikasi Mobile JKN pada Smart Phone mereka dilanjutkan dengan registrasi terlebih dahulu. Cara penggunaanya cukup sederhana dan mudah dimengerti oleh seluruh lapisan masyarakat. Salah satu peserta JKN-KIS diKlinik Alam Sehat ,Yana (43), mengaku merasa terbantu dengan adanya sistem antrean online ini, karena selama ini untuk berobat di FKTP beliau harus datang lebih awal agar mendapakan nomor antrean dan untuk menunggu giliranpun juga memakan waktu lama sementara beliau memiliki usaha yang tidak bisa ditinggal

 “Jadi ya kalau sakit tutup lah kedai awak ilang pendapatan, nah kalau gini kan enak sambal menyelam minum air ibaratnya Kita berobat usaha tetap” timpal beliau ke petugas BPJS Kesehatan sambal senyum manis dengan bibir bergincu merahnya.

Sistem antrean online yang diterapkan saat ini sangat mempermudah peserta untuk mendapatkan pelayanan pada Fasilitas Kesehatan yang dia tuju tanpa harus terlalu lama menunggu antrean. Sehingga dengan adanya antrean online ini diharapkan dapat menghindari penumpukan pasien yang datang ke fasilitas kesehatan.

Andi Marissah Hijriyyah Lestari selaku Kepala Bidang Penjaminan Manfaat Rujukan BPJS Kesehatan Cabang Batam mengatakan bahwa sampai saat ini BPJS Kesehatan Kantor Cabang Batam masih terus berupaya agar seluruh Fasilitas Kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dapat menerapkan sistem antrean online ini.

“Kedepannya kami akan mencoba mensosialisasikan terkait sistem antrean online ini ke beberapa Rumah Sakit yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan. Sehingga sistem antrean online ini tidak hanya di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) saja tetapi Rumah Sakit juga Kami berharap seluruh peserta JKN-KIS lebih mudah dalam mendapatkan pelayanan baik itu di FKTP maupun di Rumah Sakit.” ungkap Marissah. (aw/ia)